Dinamika yang Terjadi dalam Perumusan Pancasila, Materi Pendidikan Pancasila Kelas X SMA Kurikulum Merdeka

By Ratnaningtyas Winahyu, Rabu, 13 September 2023 | 11:30 WIB
Dinamika yang terjadi dalam perumusan Pancasila, materi Pendidikan Pancasila kelas X SMA Kurikulum Merdeka (Freepik.com)

Nakita.id – Saat ini, mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas X SMA Kurikulum Merdeka masih membahas bab 1.

Seperti diketahui, materi dalam bab 1 ini adalah mengenai proses sejarah kelahiran Pancasila.

Pada artikel sebelumnya, kita telah mempelajari tentang suasana, anggota, hingga denah tempat duduk saat sidang pertama BPUPK.

Kini, kita akan lanjut membahas dinamika dalam perumusan Pancasila.

Dinamika dalam perumusan Pancasila

Dalam buku Pendidikan Pancasila kelas X SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum Merdeka, dijelaskan bahwa gagasan Sukarno tentang Pancasila sebagai dasar negara yang disampaikan melalui pidatonya pada tanggal 1 Juni 1945, diterima secara aklamasi oleh seluruh anggota BPUPK.

Dengan demikian, setelah seluruh pembicara menyampaikan pidato-pidatonya dalam sidang pertama BPUPK, dr. K.R.T. Radjiman Wedyodiningrat selaku ketua BPUPK memutuskan untuk membentuk sebuah panitia dengan tugas menyusun rumusan tentang dasar negara dengan pidato Sukarno sebagai bahan utama ditambah usul dari semua anggota BPUPK yang mengajukannya.

Tugas tersebut mesti diselesaikan dan dilaporkan pada masa sidang yang kedua.

Panitia tersebut terdiri atas delapan orang, maka dari itu, panitia ini dikenal juga dengan nama Panitia Delapan yang terdiri atas:

a. Sukarno,

b. Mohammad Hatta,

c. R. Otto Iskandar Dinata,

Baca Juga: Anggota Lengkap BPUPK Beserta Denah Tempat Duduknya Saat Sidang, Materi Pendidikan Pancasila Kelas X SMA Kurikulum Merdeka