Moms dan Dads Wajib Baca, Ini Pentingnya Mengenalkan Literasi pada Anak Sejak Usia Dini

By Shannon Leonette, Jumat, 29 September 2023 | 18:45 WIB
Dalam acara Bincang Siang: Hidupkan Kata Lewat Cerita, Jumat (29/9/2023), David Togatorop (Editor in Chief Majalah Bobo & Nakita.id) dan Putri Arumsari (Founder Rumah Dongeng Mentari) menekankan pentingnya orangtua mengenalkan literasi pada anak sejak dini. Hal ini bertujuan agar anak bisa lebih mengenal dunia yang ada di sekitarnya. (Nakita.id/Shannon)

Nakita.id - Literasi adalah suatu hal yang sebaiknya dikenalkan pada anak sejak dini.

Dalam perjalanan literasi anak, orangtua memegang peran yang sangat penting sebagai pembimbing.

Apalagi, kita tahu bahwa mengenalkan literasi bukan hanya membantu anak belajar membaca dan menulis saja.

Tapi juga, membantu anak meningkatkan rasa ingin tahu yang tinggi serta kemampuan berpikir kritis.

Sayangnya, merujuk pada Program for International Student Assessment (PISA), Indonesia berada di urutan ke-62 dari 70 negara.

Atau dalam arti lain, Indonesia berada di peringkat 10 besar terendah dan belum bisa bersaing dengan negara-negara ASEAN lainnya.

Meski belum sampai pada tingkat 'darurat membaca', orangtua tetap harus waspada agar tingkat literasi anak di Indonesia tidak semakin menurun.

Maka dari itu, jangan sampai Moms dan Dads lewatkan pengenalan literasi pada anak sejak dini.

Usia Terbaik untuk Mengenalkan Literasi pada Anak

Dalam acara Bincang Siang: Hidupkan Kata Lewat Cerita, Jumat (29/9/2023), Founder Rumah Dongeng Mentari Putri Arumsari mengatakan bahwa usia 1-5 tahun merupakan usia terbaik untuk mengenalkan literasi.

"Karena, otak anak itu layakanya spons yang bisa menyerap apapun. Baik itu hal-hal yang positif maupun yang negatif," ungkap Arum.

Editor in Chief Majalah Bobo & Nakita.id David Togatorop mengatakan bahwa orangtua bisa mengenalkan literasi sejak anak masih berusia bayi.

Baca Juga: Pentingnya Bangun Literasi pada Anak Sejak Dini, Psikolog Anak Ungkap Peran yang Bisa Dilakukan Orangtua