Gagasan Solutif Mengatasi Perilaku yang Bertentangan dengan Pancasila, Materi Pendidikan Pancasila Kelas X SMA Kurikulum Merdeka

By Ratnaningtyas Winahyu, Kamis, 26 Oktober 2023 | 14:29 WIB
Gagasan solutif mengatasi perilaku-perilaku yang bertentangan dengan Pancasila dalam buku Pendidikan Pancasila kelas X SMA Kurikulum Merdeka (Freepik.com)

 

Nakita.id – Mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas X SMA Kurikulum Merdeka masih mempelajari bab 1. Adapun materi yang dibahas dalam bab 1 ini adalah tentang Pancasila sebagai Pemersatu Bangsa.

Pada artikel Kurikulum Merdeka sebelumnya, kita telah membahas mengenai penerapan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Kini, kita akan lanjut mempelajari gagasan solutif mengatasi perilaku-perilaku yang bertentangan dengan Pancasila. Yuk, disimak!

2. Gagasan solutif mengatasi perilaku-perilaku yang bertentangan dengan Pancasila

Dalam buku Pendidikan Pancasila untuk SMA/SMK/MA/MAK Kelas X, dijelaskan bahwa upaya untuk menerapkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari merupakan hal yang paling menantang dari materi Pancasila. Apalagi, di era Revolusi Industri 4.0 yang salah satunya ditandai dengan pesatnya kemajuan teknologi.

Tantangan dan peluang mengimplementasikan Pancasila pada 30 tahun yang lalu tentu berbeda dengan hari ini karena perubahan kodrat zaman dan kodrat alam.

Pada era ini, berkat perkembangan teknologi informasi, dunia ini seperti mengecil. Sebab, dengan bantuan teknologi informasi, satu wilayah dapat terhubung dengan wilayah lainnya.

Misalnya, kalian yang berada di desa dapat berkomunikasi dengan orang yang lokasinya sangat jauh jika kalian terhubung dengan internet, baik melalui ponsel maupun laptop/komputer. Kita yang berada di Indonesia dapat melihat dan membaca peristiwa yang terjadi di negara lain dengan bantuan teknologi informasi.

Ini tentu berbeda dengan era awal kemerdekaan, di mana kemajuan teknologi informasi tidak sepesat saat ini. Perkembangan teknologi informasi ini tentu memberikan peluang dan tantangan dalam menerapkan Pancasila.

Dengan bantuan teknologi informasi, kita dapat mengampanyekan nilai-nilai Pancasila ke seluruh penjuru dunia. Tidak hanya itu, praktik kehidupan kita yang berlandasakan Pancasila juga dapat menjadi inspirasi bagi bangsa-bangsa di dunia.

Namun, di balik peluang tersebut, tersimpan juga tantangan yang tidak mudah. Karena teknologi informasi pula, kita dapat terpengaruh hal-hal buruk dari luar yang tidak sesuai dengan Pancasila dan tradisi kita.

Karena teknologi informasi pula, hoaks dan ujaran kebencian menyebar sangat masif di media sosial sehingga informasi yang kita terima bukan saja tidak benar, tetapi sering kali juga merugikan kita.

Baca Juga: Jawaban Soal Uji Kompetensi 1.4 Halaman 46 tentang Penerapan Pancasila, Buku Pendidikan Pancasila Kelas X SMA Kurikulum Merdeka