Nakita.id – Saat ini, mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas X SMA Kurikulum Merdeka masih membahas bab 1.
Adapun materi yang dijelaskan dalam bab 1 ini adalah tentang Pancasila sebagai Pemersatu Bangsa.
Pada artikel Kurikulum Merdeka sebelumnya, kita telah membahas mengenai kedudukan Pancasila sebagai dasar negara.
Kini, kita akan belajar tentang kedudukan Pancasila sebagai pandangan hidup.
Dalam buku Pendidikan Pancasila SMA/MA/SMK/MAK kelas X Kurikulum Merdeka, dijelaskan bahwa kedudukan Pancasila sebagai sebuah pandangan hidup bangsa relevan dengan istilah weltanschauung atau pandangan hidup yang disampaikan oleh Sukarno pada tanggal 1 Juni 1945.
Pancasila sebagai pandangan hidup dapat dimaknai sebagai sebuah tata nilai yang berfungsi seperti halnya budaya atau norma yang telah hidup turun-temurun di tengah-tengah masyarakat.
Sebuah pedoman hidup yang mengikat dan memandu berbagai komponen bangsa Indonesia agar tetap hidup dari generasi ke generasi.
Dengan demikian, tanpa Pancasila sebagai pandangan hidup, bangsa Indonesia akan hidup terombang-ambing karena tidak memiliki pedoman.
Tanpa Pancasila, Indonesia menjadi bangsa yang tidak tertata dan teratur hidupnya karena tidak memiliki nilai-nilai keteladanan untuk dipraktikkan dalam kehidupan bermasyarakat.
Jika diperhatikan, contoh praktik Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa banyak ditemui di masyarakat dalam bentuk yang beraneka ragam.
Mengingat bangsa Indonesia merupakan bangsa beragam dengan suku, budaya, serta keyakinan beragama yang berbeda-beda.
Social Bella 2024, Dorong Inovasi dan Transformasi Strategis Industri Kecantikan Indonesia
Penulis | : | Ratnaningtyas Winahyu |
Editor | : | Ratnaningtyas Winahyu |
KOMENTAR