Kredivo Sabet Penghargaan Tokoh Akselerator Berkat Inisiatif Stunting #GentingBerbagi

By Fathia Yasmine, Senin, 30 Oktober 2023 | 14:00 WIB
Gelaran talkshow bertajuk “Pencanangan Inisiatif Gotong Royong Untuk Pengentasan Stunting dan Kemiskinan Ekstrem”, Kamis (26/10/2023). (DOK. Kredivo)

Nakita.id – Kemiskinan ekstrem dan gagal tumbuh (stunting) masih menjadi isu sosial yang perlu mendapat perhatian banyak pihak. Sebab, keduanya saling memengaruhi.

Karena kemiskinan ekstrem, banyak keluarga kesulitan menyediakan makanan bernutrisi bagi anak-anak mereka.

Jika dibiarkan, anak dengan nutrisi buruk akan berpotensi mengalami stunting yang dapat memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan mereka secara fisik dan mental.

Hingga akhir 2022, Survei Status Gizi Nasional (SSGI) menemukan bahwa prevalensi stunting di Indonesia juga masih berada di bawah target yang dicanangkan pemerintah, yakni 21,6 persen dari target 3,8 persen.

Menyadari akan pentingnya pengentasan stunting, perusahaan pembiayaan finansial, Kredivo, tergerak untuk menggelar program #GentingBerbagi (Gerakan Lawan Stunting Bersama Bagi Negeri).

Baca Juga: Belanja Fesyen di Gerai Offline Kian Digemari, H&M Gandeng Kredivo Hadirkan Opsi Pembayaran Terbaru

Kegiatan yang diinisiasi bersama program Bersama Entaskan Stunting (BERES) ini mengusung konsep pentahelix dengan melibatkan berbagai pihak mulai dari pemerintah, organisasi, hingga pelaku usaha.

Sejak 25 Agustus 2023, Program #GentingBerbagi memiliki skema dengan memberikan bantuan Rp 100 dari admin fee pada setiap transaksi pembiayaan tenor 30 hari dan 3 bulan.

Donasi yang dikumpulkan kemudian diberikan setiap bulan kepada tiga mitra implementor, yakni Lazismu, Baitul Maal Hidayatullah, dan Dompet Dhuafa. Ketiga mitra ini selanjutnya akan menyalurkan bantuan dan edukasi di wilayah dan komunitas yang rawan stunting.

Berkat upaya tersebut, Kredivo pun berhasil menjadi salah satu perusahaan swasta yang meraih apresiasi sebagai tokoh akselerator dalam agenda talkshow bertajuk “Pencanangan Inisiatif Gotong Royong Untuk Pengentasan Stunting dan Kemiskinan Ekstrem”, Kamis (26/10/2023).

Baca Juga: Perawatan Anak Stunting, Jika Diabaikan Bisa Berdampak pada Kognitif hingga Kesehatan Si Kecil

Penghargaan yang digelar pemerintah bersama Kompas Gramedia Group ini diberikan langsung kepada Group CEO and Co-Founder Kredivo Group, Akshay Garg.