Untuk Belajar, Kunci Jawaban Uji Kompetensi 1.5 Halaman 53 Pendidikan Pancasila Kelas X SMA Kurikulum Merdeka

By Ratnaningtyas Winahyu, Selasa, 31 Oktober 2023 | 13:30 WIB
Jawaban soal Uji Kompetensi 1.5 halaman 53 buku Pendidikan Pancasila kelas X SMA Kurikulum Merdeka (Freepik.com)

Nakita.id – Tak terasa bab 1 Pendidikan Pancasila sudah hampir selesai kita bahas. Untuk mengevaluasi pemahaman bab 1 ini, yuk kita coba kerjakan soal-soal latihannya.

Soal latihan yang pertama adalah Uji Kompetensi 1.5 halaman 53. Berikut ini pembahasannya.

Uji Kompetensi 1.5

Untuk mengetahui sejauh mana pemahaman kalian tentang bab ini, analisislah studi kasus berikut ini!

1. Rita mengunggah video prestasinya di media sosial. Ternyata unggahan Rita menjadi viral, khususnya di sekolahnya.

Video unggahan Rita mendapat respons yang berbeda-beda, ada yang suka dan ada yang sinis. Ada yang berkomentar positif, ada juga yang berkomentar negatif.

Bahkan, ada yang berkomentar pedas menggunakan akun fake. Menurut analisis kalian, mengapa unggahan Rita mendapat respons yang berbeda-beda?

Bagaimana sebaiknya sikap Rita terhadap komentar yang ada? Jelaskan permasalahan bagi para pelajar dalam menerapkan Pancasila pada era digital seperti saat ini!

2. Dani mendapatkan sebuah informasi dan membaginya ke grup media pesan. Informasi tersebut diragukan kebenarannya oleh Jaka.

Untuk mengecek kebenaran informasi tersebut, Jaka menelusuri kebenaran informasi tersebut. Dari penelusurannya, Jaka menyimpulkan bahwa informasi yang disebarkan Dani termasuk berita bohong (hoaks).

Dani menolak tuduhan Jaka dan mengklaim informasi yang dibagikannya itu benar adanya.

Lantas Dani menunjukkan sumber informasi tersebut. Bagaimana pendapat kalian tentang silang pendapat antara Dani dan Jaka dalam menilai kebenaran informasi?

Baca Juga: Gagasan Solutif Mengatasi Perilaku yang Bertentangan dengan Pancasila, Materi Pendidikan Pancasila Kelas X SMA Kurikulum Merdeka