BERITA POPULER: Dugaan Penyebab dan Cara Pencegahan Pneumonia Misterius hingga Cara Merawat Tanaman yang Tepat di Musim Hujan

By Diah Puspita Ningrum, Kamis, 30 November 2023 | 17:00 WIB
BERITA POPULER: Dugaan penyebab dan pencegahan pneumonia misterius (freepik)

Nakita.id - Berikut ini adalah sejumlah berita terpopuler yang dirangkum oleh Nakita pada hari Kamis (30/11/2023).

1. Ribuan Anak di China Mengidap Pneumonia Misterius, Ini Dugaan Penyebab dan Cara Pencegahannya

Masyarakat dunia kini menyoroti kasus mewabahnya penyakit pneumonia misterius di China. Pneumonia misterius di China sudah menyerang ribuan anak.

Melansir Kompas TV, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia meminta semua jajarannya siaga menyusul laporan dari WHO (World Health Organization) bahwa terjadi kasus peningkatan pneumonia misterius yang menyerang anak-anak tepatnya di China bagian utara.

Pneumonia misterius itu sebenarnya terjadi sejak Mei 2023. Namun, kemudian pada Oktober 2023 meningkat drastis.

Hingga kini, belum diketahui secara pasti penyebab pneumonia misterius tersebut. Masyarakat dunia banyak yang khawatir terhadap wabah tersebut mengingat sebelumnya pernah mengalami wabah Covid-19 .

Kementerian Kesehatan meminta Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) melakukan pemantauan perkembangan kasus dan negara terjangkit di tingkat global.

Perlu peningkatan kewaspadaan dini dengan melakukan pemantauan kasus yang dicurigai pneumonia.

Peningkatan pengawasan juga tertuju pada orang (awak, personel, dan penumpang), alat angkut, barang bawaan, lingkungan, vektor, binatang pembawa penyakit di pelabuhan, bandar udara dan pos lintas batas negara, terutama yang berasal dari negara terjangkit.

"Kepada KKP dan fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) di daerah diminta untuk melakukan surveilans ketat dengan memantau peningkatan kasus di wilayah," ucap Maxi Rein Rondonowu selaku Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit.

Baca selengkapnya di sini

Baca Juga: BERITA POPULER: Rangkaian Nama Bayi Perempuan Lahir di Bulan Desember hingga Rekomendasi Mesin Cuci untuk Bed Cover