3 Hal yang Dibutuhkan Anak dari Ayah Mendukung Si Kecil Tumbuh Jadi Pribadi yang Inklusif

By Nita Febriani, Jumat, 1 Desember 2023 | 16:48 WIB
Pentingnya Kehadiran Ayah untuk Mendukung Anak Tumbuh Menjadi Pribadi yang Inklusif (Freepik)

Nakita.id - Kehadiran ibu dan ayah yang setara dalam pengasuhan memiliki manfaat besar untuk anak.

Anak membutuhkan 3 hal penting yang bisa diberikan oleh para Ayah.

Ketiga hal ini, menurut Nathanael Sumampouw, Ketua Umum Asosiasi Psikolog Forensik (APSIFOR) dan Dosen Psikologi Universitas Indonesia disingkat sebagai DHA.

DHA ini, menurut Nathanael diberikan oleh ayah untuk mendukung anak menjadi pribadi yang inklusif.

"Kepanjangan DHA ini adalah Disiplin, Hangat, dan Aktivitas" jelas Nathanael dalam acara Perayaan Hari Ayah Nasional IBCWE 2023, di Amartha Village pada Selasa (28/11/2023).

Menurut Nathanael, seorang ayah wajib ikut terlibat dalam pengasuhan anak-anak.

D untuk disiplin berarti tetap harus memberi batasan-batasan untuk diterapkan pada anak-anak, apa yang kita suka dan tidak suka.

H berarti hangat atau kehangatan, di mana kita harus memberikan kehangatan pada anak, jangan sampai mereka lebih senang main handphone.

Terakhir, A untuk aktivitas, di mana kita perlu membuat aktivitas bersama.

Pria yang akrab disapa Nael ini juga menjelaskan, orang tua sudah tidak lagi bisa memaksakan cara pengasuhan yang sama dengan apa yang orang tua alami kepada anak-anak mereka.

“Karena, zaman berubah sehingga konteks juga berubah serta hal-hal yang dihadapi anak-anak kita saat ini juga berbeda,” katanya.

Baca Juga: Ingatkan Pentingnya Ciptakan Keluarga Sehat Demi Anak Berprestasi, Nakita dan Majalah Bobo Adakan Kegiatan Ayah Siap 2023