Bisa untuk Belajar, Kunci Jawaban Latihan Halaman 117, Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka

By Kirana Riyantika, Selasa, 5 Desember 2023 | 19:30 WIB
Bahasa identifikasi teks berita, Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut SMA kelas XI kurikulum merdeka (Freepik)

Nakita.id - Pada bab 4 mata pelajaran Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut SMA kelas XI kurikulum merdeka ada bahasan mengenai mengevaluasi gagasan dan pandangan dalam teks berita yang dibaca.

Mengevaluasi gagasan dan pandangan dalam teks berita dapat dilakukan dengan cara berikut ini:

- Menilai kualitas teks berita berdasarkan pengalaman pribadi, misalnya mengidentifikasi fakta dan opini.

- Menilai akurasi pada informasi visual dan nonvisual dalam teks berita.

- Menilai gagasan dalam teks berita. Hal ini mencakup menilai keautentikan gagasan, kelogisan gagasan, hubungan gagasan dikaitkan dengan gagasan lainnya, kebermaknaan gagasan dengan konteks masa kini, dan kontribusi gagasan untuk memecahkan masalah.

- Mengevaluasi pandangan dalam teks berita. Hal ini mencakup menilai keautentikan pandangan, kelogisan pandangan, hubungan pandangan dikaitkan dengan pandangan lainnya, kebermaknaan pandangan dengan konteks masa kini, dan kontribusi pandangan untuk memecahkan masalah.

Kali ini, akan dibahas mengenai kunci jawaban Latihan halaman 117.

Peserta didik diminta membaca teks berita berjudul "Beragam Makanan Unik Nonberas Disajikan di Fepanora Banyuwangi".

Kemudian, peserta didik diminta menjawab beberapa soal pada latihan.

Harap menggunakan kunci jawaban secara bijak.

Mula-mula, peserta didik diminta mengerjakan soal latihan sesuai kemampuan.

 Baca Juga: Kunci Jawaban Identifikasi Gagasan dan Pandangan Penulis dalam Teks Berita, Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka

Kemudian bisa dicocokkan dengan kunci jawaban untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman terhadap materi.

1. Lakukanlah penilaian terhadap fakta dan opini pada Tabel 4.4. Centanglah pilihan ya atau tidak pada kolom yang disediakan

- Aspek: Apakah fakta yang terdapat dalam teks sudah mendukung petunjuk mengenai berita tentang “Beragam Makanan Unik Nonberas Disajikan di Fepanora Banyuwangi”?

Jawaban: Ya.

- Aspek: Apakah opini yang terdapat dalam teks sudah mendukung petunjuk mengenai berita tentang “Beragam Makanan Unik Nonberas Disajikan di Fepanora Banyuwangi”

Jawaban: Ya.

2. Setujukah kalian, jika teks berita “Beragam Makanan Unik Nonberas Disajikan di Fepanora Banyuwangi” layak dibaca oleh masyarakat umum?

Jawaban: Setuju karena teks tersebut memang layak untuk dibaca masyarakat.

Tujuannya agar masyarakat mengetahui jenis kuliner daerah dan merasa bangga terhadap produk masakan dari negeri sendiri.

(Jawaban peserta didik dianggap benar kalau tepat atau mendekati jawaban itu)

3. Apa saja gagasan yang terdapat dalam teks berita tersebut? Setujukah kalian dengan gagasan tersebut?

 Baca Juga: Kunci Jawaban Latihan Kegiatan 1 Identifikasi Fakta dan Opini Teks Berita Hal.114, Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka

Jawaban: Gagasannya adalah memperkenalkan aneka ragam pangan nonberas kepada masyarakat Bayuwangi melalui kegiatan Festival Pangan Nonberas (Fenapora).

Saya setuju dengan gagasan itu karena gagasan tersebut merupakan sebuah upaya untuk mencintai dan mempromosikan aneka ragam pangan nonberas kepada dunia, dalam hal ini kepada masyarakat Banyuwangi.

4. Apa pandangan penulis teks berita tersebut? Setujukah kalian dengan pandangan tersebut?

Jawaban: Pandangan penulis dalam teks berita tersebut adalah untuk mendukung gagasan mempromosikan aneka ragam pangan nonberas, masyarakat harus diedukasi agar mengolah lebih banyak ragam jenis makanan karbohidrat yang nonberas.

Saya setuju dengan pandangan tersebut.

Dengan mengedukasi masyarakat memproduksi makanan karbohidrat nonberas, maka masyarakat akan makin makmur.

Masyarakat tidak akan banyak tergantung pada beras untuk mencukupi kebutuhan makanan berkabohidrat.

Itulah dia penjelasan mengenai kunci jawaban latihan halaman 117, bab 4 Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut SMA kelas XI kurikulum merdeka.

Jawaban di atas tidak baku, peserta didik bisa mengembangkan jawabannya sesuai pemahaman.

Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Langkah Mengevaluasi Teks Berita, Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka