Mata Sudah Mengantuk Tapi Tidak Bisa Tidur? Bisa Jadi karena 6 Penyebab Ini

By Poetri Hanzani, Senin, 25 Desember 2023 | 10:00 WIB
Penyebab mata mengantuk tapi tidak bisa tidur. (freepik)

Nakita.id - Apakah Moms sering mengalami kondisi di mana mata terasa mengantuk, tetapi tidur sepertinya sulit diwujudkan?

Ini mungkin adalah pengalaman yang akrab bagi banyak orang, dan kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor yang perlu dipahami.

Ketahui penyebab umum dari gejala mata mengantuk namun kesulitan tidur serta memberikan solusi yang mungkin membantu mengatasi masalah ini.

Penyebab Mata Mengantuk Tapi Tidak Bisa Tidur

1. Kondisi Kesehatan Mental

Salah satu penyebab umum dari mata yang mengantuk tapi kesulitan tidur adalah masalah kesehatan mental seperti stres, kecemasan, atau depresi.

Kondisi-kondisi ini dapat merangsang otak dan membuat tidur sulit diwujudkan.

Penting untuk mengatasi stres dan kecemasan dengan strategi manajemen stres, meditasi, atau berkonsultasi dengan profesional kesehatan mental.

2. Gangguan Tidur

Ada berbagai gangguan tidur seperti insomnia, sleep apnea, atau restless legs syndrome yang dapat menyebabkan mata mengantuk tetapi kesulitan tidur.

Jika Moms mengalami gejala-gejala ini secara teratur, segera berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang sesuai.

3. Polusi Cahaya Biru

Paparan terhadap cahaya biru dari layar perangkat elektronik, terutama sebelum tidur, dapat mengacaukan ritme tidur alami tubuh.

Matikan perangkat elektronik setidaknya satu jam sebelum tidur dan pertimbangkan untuk menggunakan filter cahaya biru pada perangkat untuk membantu meningkatkan kualitas tidur.

4. Ritme Tidur yang Tidak Teratur

Mempertahankan jadwal tidur yang konsisten sangat penting. Ketidakstabilan pada ritme tidur dapat memengaruhi produksi melatonin, hormon tidur.

Baca Juga: Bukan Kebetulan, Ini Penyebab Musim Hujan Membuat Kita Jadi Lebih Sering Ngantuk