6 Fakta tentang LGBT yang Baru Terungkap!

By Dini, Selasa, 1 Maret 2016 | 04:20 WIB
6 Fakta tentang LGBT yang Baru Terungkap! (Dini)

Tabloid-Nakita.com - Isu mengenai LGBT (lesbian, gay, biseksual, dan transgender) masih menjadi pembicaraan hangat beberapa bulan belakangan ini. Banyak orang yang menentang, tetapi banyak pula yang bersimpati terhadap kalangan ini. Hal ini disebabkan oleh kurangnya informasi yang jelas mengenai LGBT, sehingga masyarakat lebih banyak menyerap berbagai hal yang bersifat mitos.

Agar tidak meneruskan informasi yang salah, berikut fakta-fakta tentang LGBT yang perlu Mama ketahui:

Baca:

LGBT dapat menular?Dokter spesialis bedah saraf dari Rumah Sakit Mayapada, Roslan Yusni Hasan, menegaskan, orientasi seksual LGBT tidak menular. "Tentu tidak menular (LGBT). Orientasi seksual dan lainnya itu struktur di otaknya sudah ada," jelas dokter yang biasa disapa Ryu ini, di Kantor LBH, Jakarta, Selasa (9/2/2016) lalu.Ryu menjelaskan, orang yang menjadi gay setelah sering berkumpul dengan gay itu karena memang sebelumnya sudah ada bakat dalam diri orang tersebut. Lingkungan sosial akhirnya bisa memicu seseorang yang memiliki bakat gay kemudian menjadi gay."Kalau punya bakat, lalu kumpul sama homoseksual, ya makin jadi homoseksual. Bakatnya, kan ada. Tapi, yang enggak ada bakatnya ya enggak jadi ikut homoseksual," kata Ryu.

Baca: Mengajari Anak Melindungi Diri dari Pedofilia

Bukan gangguan jiwaDalam acuan diagnostik para ahli psikiatri di seluruh dunia, yakni Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorder (DSM) III tahun 1973, homoseksual tidak dikategorikan sebagai gangguan jiwa. Sementara itu, di Indonesia dalam buku Pedoman Penggolongan dan Diagnosis Gangguan Jiwa, Edisi II, Departemen Kesehatan Republik Indonesia, tahun 1983 (PPDGJ II) dan (PPDGJ III) 1993, pada point F66 meyebutkan bahwa orientasi seksual (lesbian, gay, biseksual, transeksual) bukan gangguan kejiwaan."Di situ jelas tertulis bahwa orientasi seksual tidak termasuk gangguan jiwa atau penyimpangan. Tapi, bisa disebut gangguan jiwa jika bersifat ego distonik atau seseorang merasa terganggu dengan orientasi seksualnya sehingga timbul konflik psikis," kata dr. Andri, SpKJ, dari RS Omni Alam Sutra, ketika dihubungi Kompas.com pada Jumat (29/1/16) lalu.

Bukan kelainan atau penyakitRyu mengungkapkan, LGBT bukan suatu kelainan atau penyakit. Dengan begitu, tidak ada yang perlu disembuhkan atau diobati dari seorang LGBT. "LGBT bukan penyakit. Dulu kita melihatnya sebagai kelainan, sekarang variasi kehidupan saja. Dalam biologi, enggak ada yang enggak normal. Semua hanya variasi," katanya.Ryu menjelaskan, bakat seseorang menjadi lesbian, gay, biseksual, ataupun transjender sebenarnya sudah terbentuk sejak ia menjadi janin di dalam kandungan. Terbentuknya jenis kelamin, jender, dan orientasi seksual merupakan proses yang terpisah, meski saling berkaitan. Hal ini menyebabkan ada orang dengan jenis kelamin laki-laki, tetapi jendernya belum tentu maskulin, dan orientasi seksualnya belum tentu ke perempuan.Ryu juga mengatakan, seseorang yang berkromosom XX belum tentu berjenis kelamin perempuan, demikian halnya kromosom XY yang belum tentu berjenis kelamin laki-laki. Fakta biologisnya, menurut Ryu, terjadi banyak variasi genetik, baik kromosom hilang maupun berlebihan.

Baca: Waspada, Ini Ciri-ciri Anak Korban Penganiayaan Seksual

Orientasi seksual ditentukan oleh otakFakta tentang LGBT yang belum banyak diketahui orang adalah mengenai penyebab adanya orientasi seksual yang berbeda. Ryu menjelaskan bahwa orientasi seksual seseorang ditentukan oleh otak, bukan jenis kelamin.

"Organ seks yang utama adalah otak, bukan alat kelamin. Karena orientasi seksual seseorang dibentuk di otak. Jadi kita sendiri yang membuat apa yang dianggap bisa merangsang libido," katanya.Pembentukan orientasi seksual ini dipengaruhi oleh faktor genetik dan faktor perkembangan otak sejak masih menjadi janin. "Misalnya kalau saat hamil ibunya terkena infeksi, sehingga bagian otak tertentu berkembang lebih pesat dibanding bagian lainnya. Akibatnya sifat atau selera dapat berbeda," ujar dokter yang banyak mempelajari kerja otak ini.

Baca: Bahaya Memamerkan Foto dan Informasi Anak di Facebook

Mengapa pria gay bisa punya anak?Boleh dibilang, ini fakta tentang LGBT yang paling mengundang pertanyaan sebagian besar orang. Apapun alasannya, entah karena ingin menjalani kehidupan yang normal, demi status, atau karena tidak menyadari dirinya gay, banyak pria gay yang menikah dengan wanita normal. Bahkan, bisa mempunyai anak. Mengapa hal itu bisa terjadi?