Masih Sering Dilakukan? Efek Menaruh Pakaian Basah dalam Waktu Lama di Mesin Cuci Ternyata Berbahaya

By Diah Puspita Ningrum, Rabu, 31 Januari 2024 | 13:00 WIB
Efek menaruh pakaian basah di mesin cuci (Freepik)

Nakita.idMesin cuci adalah salah satu penemuan terbaik dalam dunia modern yang membantu kita membersihkan pakaian dengan lebih efisien.

Namun, terkadang kita bisa saja lupa atau sibuk sehingga pakaian yang telah dicuci masih terlupakan dalam mesin cuci untuk waktu yang lama.

Apa dampaknya jika pakaian tersebut dibiarkan basah dalam mesin cuci untuk jangka waktu yang lebih lama dari yang seharusnya?

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah penjelasan mengenai efek menaruh pakaian basah terlalu lama di mesin cuci.

Yuk simak!

Efek Menaruh Pakaian Basah di Mesin Cuci

1. Pengembunan dan Bau Tak Sedap

Salah satu dampak utama dari meninggalkan pakaian basah dalam mesin cuci adalah terjadinya pengembunan dan bau tak sedap.

Pakaian yang tetap basah dalam mesin cuci untuk waktu yang lama cenderung menjadi sarang bagi jamur dan bakteri yang menyebabkan bau tidak sedap.

Selain itu, kelembaban yang berlebihan juga dapat menyebabkan pakaian mengembun dan menjadi lembab, yang membuatnya tidak enak untuk digunakan.

2. Pertumbuhan Jamur dan Bakteri

Pakaian yang basah dalam mesin cuci untuk waktu yang lama dapat menjadi tempat yang ideal untuk pertumbuhan jamur dan bakteri.

Baca Juga: Rekomendasi Mesin Cuci Electrolux Termurah Beserta Fiturnya, Harga Mulai 1 Jutaan