Kenapa Bayi Berhenti Menangis Saat Digendong? Ternyata Ini Penyebabnya

By Diah Puspita Ningrum, Minggu, 25 Februari 2024 | 08:00 WIB
Kenapa bayi berhenti menangis saat digendong (Freepik)

Nakita.id - Bayi seringkali mengkomunikasikan kebutuhan mereka dengan menangis.

Namun, kadang-kadang mereka juga berhenti menangis secara tiba-tiba ketika digendong.

Fenomena ini sering membuat para orangtua penasaran dan ingin mengetahui alasan di balik perilaku ini.

Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan mengapa bayi bisa berhenti menangis saat digendong dan apa manfaatnya bagi perkembangan mereka.

Penyebab Bayi Berhenti Menangis Saat Digendong

1. Rasa Aman dan Ketenangan

Salah satu alasan utama mengapa bayi berhenti menangis saat digendong adalah karena merasa aman dan nyaman dalam pelukan orang yang mereka percayai.

Gendongan memberikan perasaan hangat, dekat, dan terlindungi yang mirip dengan perasaan yang mereka alami ketika masih berada dalam kandungan ibu.

Kontak kulit dengan kulit dan detak jantung yang terdengar dekat dengan telinga bayi juga dapat memberikan rasa tenang yang membuat mereka merasa nyaman dan aman.

2. Pengaruh Oksitosin

Oksitosin adalah hormon cinta dan kelekatan yang dilepaskan baik oleh bayi maupun orang yang menggendongnya saat kontak fisik terjadi.

Hormon ini tidak hanya meningkatkan rasa kelekatan antara bayi dan penggendongnya, tetapi juga memiliki efek menenangkan yang dapat membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan pada bayi.

Baca Juga: Selang Beberapa Jam Felicya Angelista Melahirkan, Istri Caesar Hito Sudah Kuat Gendong Anak Pertama Sambil Jaga Baby Z