Mengalami Keracunan Makanan? Ini Cara Aman Mengatasinya Agar Segera Membaik

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Jumat, 16 Februari 2024 | 18:30 WIB
mengatasi keracunan dengan aman (Freepik)

Nakita.id - Keracunan makanan dapat terjadi kapan saja dan di mana saja, memicu gejala tidak nyaman seperti mual, muntah, diare, dan bahkan dapat menjadi kondisi serius.

Agar segera membaik, berikut adalah langkah-langkah yang dapat diambil untuk mengatasi keracunan makanan, mengutip dari VeryWellHealth.

1. Hubungi Layanan Kesehatan:

Jika Moms atau seseorang mengalami gejala keracunan makanan yang parah, segera hubungi layanan kesehatan atau datangi unit gawat darurat. Gejala yang memerlukan perhatian medis segera termasuk kesulitan bernapas, nyeri dada, atau tanda-tanda dehidrasi yang parah.

2. Beristirahat dan Tetap Terhidrasi:

Jika gejala keracunan makanan ringan, istirahatlah dengan cukup dan pastikan untuk tetap terhidrasi. Minum air, larutan elektrolit, atau minuman rehidrasi oral dapat membantu menggantikan cairan yang hilang akibat diare dan muntah.

3. Hindari Konsumsi Makanan dan Minuman:

Jangan makan atau minum apa pun yang dapat memperburuk kondisi keracunan makanan. Hindari konsumsi produk susu, kafein, dan alkohol.

4. Cari Bantuan Medis Jika Diperlukan:

Jika keracunan makanan disebabkan oleh bakteri atau parasit, pemberian antibiotik atau obat anti-parasit mungkin diperlukan. Konsultasikan dengan profesional kesehatan untuk pengobatan yang sesuai.

5. Perhatikan Gejala:

Baca Juga: Pertolongan Pertama Keracunan Makanan pada Anak, Moms Wajib Baca!