Tak Hanya Sebatas Ibadah, Ternyata Puasa juga Bermanfaat Bagi Kesehatan

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Rabu, 6 Maret 2024 | 15:30 WIB
Manfaat puasa bagi kesehatan (Pexels / Monstera)

Nakita.id - Ibadah puasa merupakan praktik spiritual yang dijalankan oleh berbagai agama sebagai bentuk ketaatan dan pengendalian diri. Selain aspek keagamaan, puasa juga memberikan berbagai manfaat positif bagi kesehatan fisik dan mental.

Melansir dari WebMD, berikut ini akan membahas beberapa alasan mengapa ibadah puasa dapat memberikan kontribusi positif bagi kesejahteraan tubuh dan pikiran.

1. Detoksifikasi Tubuh:

Puasa memberikan tubuh waktu untuk membersihkan diri dari toksin dan limbah metabolik. Proses detoksifikasi selama puasa dapat membantu mengoptimalkan fungsi organ pencernaan dan pembuangan.

2. Peningkatan Sensitivitas Insulin:

Puasa intermiten dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin, yang dapat membantu mengatur kadar gula darah. Hal ini bermanfaat dalam pencegahan diabetes tipe 2 dan menjaga kesehatan jantung.

3. Peningkatan Kesehatan Jantung:

Puasa dapat membantu mengontrol faktor risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, dan indeks massa tubuh (IMT). Praktik puasa yang teratur dapat mendukung kesehatan kardiovaskular.

4. Peningkatan Konsentrasi dan Fokus:

Dengan membatasi asupan makanan, energi yang biasanya digunakan untuk pencernaan dialihkan ke fungsi kognitif. Beberapa orang melaporkan peningkatan konsentrasi dan fokus selama bulan puasa.

5. Regenerasi Sel dan Sistem Imun:

Baca Juga: Jangan Terlewat! Jadwal Buka Puasa & Salat DKI Jakarta dan Bandung 25 Maret 2023