Pemanfaatan Potensi Sumber Energi Lokal sebagai Energi Listrik, Bab 7 IPA Kelas X SMA Kurikulum Merdeka Edisi Revisi

By Ratnaningtyas Winahyu, Rabu, 27 Maret 2024 | 11:30 WIB
Pemanfaatan potensi sumber energi lokal sebagai upaya pemenuhan kebutuhan energi listrik, bab 7 IPA kelas X SMA Kurikulum Merdeka edisi revisi (Freepik.com)

Nakita.id – Mata pelajaran IPA kelas X SMA Kurikulum Merdeka edisi revisi masih mempelajari tentang energi terbarukan.

Pada artikel sebelumnya, kita sudah membahas dampak eksplorasi dan penggunaan energi.

Sekarang, subbab berikutnya yang akan dipelajari adalah pemanfaatan potensi sumber energi lokal sebagai upaya pemenuhan kebutuhan energi listrik.

Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Pemanfaatan potensi sumber energi lokal sebagai upaya pemenuhan kebutuhan energi listrik

Pemenuhan kebutuhan energi listrik tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah atau pihak penyedia energi listrik.

Dengan pengetahuan mengenai berbagai sumber energi dan pemanfaatannya, seluruh masyarakat dapat berperan serta dalam upaya pemenuhan kebutuhan energi listrik, minimal untuk pemenuhan kebutuhan listrik rumah tangganya sendiri.

Pengalaman masyarakat Desa Plaosan dapat menjadi inspirasi bagi kalian dalam pemanfaatan sumber energi di lingkungan sekitar tempat tinggal guna pemenuhan kebutuhan energi listrik masyarakatnya.

Jika kalian mengamati Gambar 7.6, Desa Plaosan terletak di kaki Gunung Argopuro dan wilayahnya berbukit-bukit dan terdapat banyak air terjun.

Masyarakat Desa Plaosan berupaya memenuhi kebutuhan energi listrik di desanya dengan membangun pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH) dengan modal swadaya masyarakat.

Gambar 7.6 Salah satu pembangkit listrik tenaga mikrohidro di Desa Plaosan, Probolinggo, Jawa Timur Sumber: Didin/iNewsSurabaya (2021)

Air terjun pada ketinggian tertentu memiliki energi potensial. Saat air jatuh ke permukaan Sungai, energi potensial tadi berubah menjadi energi kinetik.

Baca Juga: Dampak Eksplorasi dan Penggunaan Energi beserta Kunci Jawaban Soalnya, IPA Kelas X SMA Kurikulum Merdeka