Waspadai Tanda Kolesterol yang Paling Terlihat di Wajah dan Mata

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Selasa, 14 Mei 2024 | 20:30 WIB
Gejala kolesterol tinggi pada wajah dan mata (Freepik)

Nakita.id - Salah satu penyebab kematian dini adalah kolesterol tinggi.

Gejala kolesterol tinggi sebenarnya bisa dikenali dengan harapan dapat mencegah berkembangnya penyakit.

Beberapa kondisi wajah dan mata sebenarnya bisa menandakan adanya kadar kolesterol tinggi dalam darah, tetapi tidak selalu muncul dan jelas.

Artikel ini akan menunjukkan tanda-tanda kolesterol tinggi yang bisa muncul pada wajah dan mata agar dapat lebih waspada.

Tanda Kolesterol Tinggi pada Wajah dan Mata?

Dikutip dari Hindustan Times, berikut beberapa masalah kulit dan mata yang bisa menjadi tanda-tanda kolesterol tinggi.

1. Bercak kuning pada kelopak mata

Dr Neeti Sharma, Konsultan Sr Nutrisi & Diet di Rumah Sakit Marengo Asia, Gurugram mengatakan bahwa tanda pertama yang bisa diperhatikan adalah munculnya bercak kekuningan pada kulit di sekitar kelopak mata. Kondisi itu disebut xanthelasma, yang terbentuk akibat timbunan kolesterol di sekitar mata.

Meskipun sebagian besar kasusnya tidak berbahaya, keberadaannya dapat mengindikasikan risiko penyakit kardiovaskular yang lebih tinggi.

Jika Moms terkena xanthelasma, Moms harus menemui dokter. Dokter mungkin menawarkan saran untuk mengendalikan kolesterol dan mengevaluasi kesehatan jantung Anda secara umum.

2. Perubahan di sekitar tepi kornea

Tanda kedua ini adalah kondisi yang disebut arcus senilis, di mana terdapat cincin yang berkembang di sekitar tepi kornea dan berwarna putih atau abu-abu.

Masalah mata ini disebabkan oleh timbunan lemak yang jauh di tepi kornea atau bisa dimulai di iris, seperti dikutip Very Well Health.

Namun, cincin berwarna ini tidak memengaruhi kemampuan untuk melihat. Arcus senilis lebih sering terjadi pada usia paruh baya.

Baca Juga: Gejala Kolesterol Tinggi Jangan Diabaikan, Berikut Cara Melakukan Tes Kolesterol yang Harus Diketahui