5 Daftar Makanan yang Memicu Pipi Tembem, Salah Satunya Favorit Moms

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Kamis, 16 Mei 2024 | 19:45 WIB
Makanan pemicu pipi tembem (Freepik)

Nakita.id - Pipi tembem atau pipi yang terlihat lebih penuh dari biasanya adalah masalah yang sering kali menjadi perhatian bagi banyak orang.

Meskipun genetika dan struktur tulang wajah memiliki peran dalam penampilan pipi, ada juga faktor makanan yang dapat mempengaruhi volume dan bentuk wajah.

Mengutip dari Style Craze, berikut ini makanan yang mungkin berkontribusi pada pipi tembem.

Makanan Tinggi Garam

Konsumsi garam berlebihan dapat menyebabkan retensi air dalam tubuh, yang pada gilirannya dapat membuat wajah terlihat lebih bengkak dan pipi terlihat lebih penuh.

Makanan tinggi garam seperti makanan olahan, camilan asin, dan makanan cepat saji seringkali menjadi penyebab utama retensi air.

Mengurangi konsumsi garam dan memilih makanan yang lebih rendah garam dapat membantu mengurangi pembengkakan pada wajah.

Makanan Tinggi Gula

Makanan tinggi gula, terutama yang mengandung gula tambahan atau gula olahan, dapat memicu peradangan dalam tubuh.

Peradangan ini dapat menyebabkan penumpukan cairan di area wajah, termasuk pipi, yang menyebabkan mereka terlihat lebih penuh.

Mengurangi konsumsi makanan tinggi gula dan memilih makanan yang lebih sehat, seperti buah-buahan segar, dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan pada wajah.

Karbohidrat Sederhana

Makanan yang mengandung karbohidrat sederhana, seperti roti putih, pasta, dan kue-kue, memiliki indeks glikemik tinggi, yang dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang cepat diikuti oleh penurunan tajam.

Hal ini dapat memicu peradangan dalam tubuh dan menyebabkan retensi cairan, yang pada akhirnya dapat membuat wajah terlihat lebih bengkak dan pipi terlihat lebih penuh.

Baca Juga: Tak Perlu Operasi, Ini Cara Alami Mengecilkan Pipi Tembem dengan Mudah