Perbedaan Menyusui Bayi Laki-laki dan Perempuan Serta Faktanya

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Senin, 20 Mei 2024 | 14:30 WIB
Perbedaan menyusui bayi laki-laki dan perempuan (Pexels)

Nakita.id - Menyusui adalah salah satu cara terbaik untuk memastikan bayi mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang optimal.

Meski menyusui adalah proses alami yang berlaku untuk semua bayi, ada beberapa perbedaan yang mungkin terjadi saat menyusui bayi laki-laki dan perempuan.

Perbedaan ini bisa meliputi kebutuhan nutrisi, frekuensi menyusui, serta perilaku bayi saat menyusu.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai perbedaan tersebut, mengutip dari Mom Junction.

Kebutuhan Nutrisi

Penelitian menunjukkan bahwa bayi laki-laki umumnya memiliki kebutuhan kalori yang lebih tinggi dibandingkan bayi perempuan.

Hal ini disebabkan oleh pertumbuhan yang lebih cepat dan biasanya bayi laki-laki memiliki berat badan yang lebih besar.

ASI (Air Susu Ibu) dapat menyesuaikan kandungannya sesuai dengan kebutuhan bayi, dan ada bukti bahwa komposisi ASI bisa sedikit berbeda ketika menyusui bayi laki-laki dan perempuan.

Misalnya, beberapa studi menemukan bahwa ASI yang diproduksi untuk bayi laki-laki bisa mengandung lebih banyak lemak dan protein untuk mendukung pertumbuhan yang lebih cepat.

Frekuensi Menyusui

Bayi laki-laki cenderung lebih sering menyusu dibandingkan bayi perempuan. Ini berhubungan dengan kebutuhan kalori yang lebih tinggi.

Namun, frekuensi menyusui bisa sangat bervariasi antar individu.

Beberapa bayi perempuan mungkin juga menyusu dengan frekuensi yang tinggi jika mereka memiliki kebutuhan kalori yang tinggi atau jika mereka sedang mengalami lonjakan pertumbuhan (growth spurt).

Baca Juga: Pentingnya Menyusui Bayi Prematur dan yang Tips yang Harus Dilakukan