Biaya Lasik Mata di Rumah Sakit, Siapa Bilang Operasinya Mahal?

By Aullia Rachma Puteri, Senin, 3 Juni 2024 | 17:15 WIB
Biaya Lasik Mata (Freepik)

Nakita.id - Prosedur Lasik sudah tidak asing lagi bagi banyak orang, terutama yang memiliki gangguan penglihatan.

Menurut American Academy of Ophthalmology (AAO), Lasik adalah salah satu jenis bedah refraksi yang menggunakan laser untuk mengatasi masalah penglihatan.

Laser yang digunakan dalam pembedahan berfungsi untuk mengubah kornea mata.

Biasanya, ini digunakan untuk mengatasi miopia (rabun jauh/minus), hiperopia (rabun dekat), dan astigmatisme (silinder).

Tujuan dilakukannya Lasik adalah agar orang-orang yang mempunyai masalah penglihatan dapat melihat dengan jelas tanpa menggunakan kacamata atau lensa kontak.

Bagaimana Prosedur Lasik Dilakukan?

Lasik merupakan prosedur bedah yang cukup cepat dan biasanya tidak memerlukan rawat inap. Berikut adalah langkah-langkah umum dalam prosedur Lasik:

1. Persiapan: Pasien akan diberi obat tetes mata anestesi untuk mematikan rasa di mata. Ini bertujuan agar pasien tidak merasakan sakit selama prosedur berlangsung.

2. Pembuatan Flap Kornea: Dokter bedah mata akan menggunakan alat khusus untuk membuat flap tipis di kornea. Flap ini akan dibuka seperti buku untuk memperlihatkan bagian kornea yang akan diubah.

3. Penggunaan Laser: Laser excimer kemudian digunakan untuk meremajakan bentuk kornea. Laser ini menghilangkan jaringan mikroskopis dari kornea untuk mengubah bentuknya sehingga cahaya dapat difokuskan dengan benar ke retina.

4. Penutupan Flap: Setelah laser selesai, flap kornea dikembalikan ke posisinya semula tanpa jahitan. Kornea memiliki kemampuan untuk menyembuhkan sendiri secara alami.

Manfaat Lasik

1. Mengurangi Ketergantungan pada Kacamata dan Lensa Kontak

Lasik dapat memperbaiki penglihatan dengan signifikan, sehingga banyak pasien tidak lagi memerlukan kacamata atau lensa kontak.

Baca Juga: Kisaran Biaya Lasik Mata Minus, Selamat Tinggal Kacamata Tebal!