Cara Menghadapi Orangtua yang Ingin Campur Tangan di Kehidupan Pernikahan Anak

By Diah Puspita Ningrum, Jumat, 7 Juni 2024 | 16:00 WIB
Cara menghadapi orang tua yang suka ikut campur kehidupan pernikahan anak (Freepik)

Nakita.id - Orangtua ikut campur dalam kehidupan pernikahan anak bisa menjadi masalah dan konflik dalam keluarga.

Pernikahan adalah momen penting dalam kehidupan seseorang, di mana dua individu membangun hubungan yang berkelanjutan berdasarkan cinta, pengertian, dan komitmen.

Namun, seringkali pernikahan juga membawa tantangan tersendiri, terutama ketika orangtua dari kedua belah pihak mulai ingin campur tangan dalam kehidupan pernikahan anak.

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah cara menghadapi orangtua yang suka ikut campur tangan pernikahan anak.

Cara Menghadapi Orangtua yang Ikut Campur Pernikahan Anak

1. Komunikasi Terbuka

Komunikasi yang terbuka dan jujur adalah kunci dalam menghadapi situasi di mana orangtua ingin campur tangan dalam kehidupan pernikahan anak.

Pasangan harus saling berbagi perasaan dan harapan mereka satu sama lain, serta memberikan pengertian kepada orangtua tentang batasan yang mereka tentukan dalam hubungan mereka.

2. Tetap Tenang dan Hormati

Meskipun dapat menjadi frustasi ketika orangtua terlalu campur tangan, penting untuk tetap tenang dan menghormati mereka.

Hindari melibatkan diri dalam konfrontasi yang tidak perlu dan berusaha untuk menghadapi situasi dengan sikap yang dewasa dan santun.

3. Tetaplah Tegas dengan Batasan

Baca Juga: Bikin Sakit Hati, Begini Cara Menghadapi Pasangan yang Suka Mengkritik