Menyambut Hari Kebaya Nasional ke-1, Kowani Gelar Peragaan Busana Lintas Generasi

By Ratnaningtyas Winahyu, Jumat, 28 Juni 2024 | 09:05 WIB
Kowani bersama Persatuan Kolintang Nasional (PINKAN Indonesia) dan komunitas kebaya mengadakan peragaan busana di Sarinah, Rabu (26/6/2024). (Nakita.id/Tyas)

Nakita.id – Dalam rangka menyambut Hari Kebaya Nasional (HKN), Kongres Wanita Indonesia (Kowani) menyelenggarakan peragaan busana kebaya.

Tak hanya sendiri, Kowani turut bekerja sama dengan Persatuan Kolintang Nasional (PINKAN Indonesia) dan komunitas kebaya.

Peragaan busana yang diiringi penampilan kolintang ini dilaksanakan di Anjungan Sarinah, Jakarta, pada Rabu (26/6/2024).

Menariknya lagi, peragaan busana ini melibatkan berbagai generasi.

Perancang busana Anne Avantie, Penasihat HKN 2024 Nanny Hadi Tjahjanto, dan Ketua Umum PINKAN Indonesia Peni Mursetio, pun turut menghadiri acara tersebut.

“Kebaya bukan sekadar lenggak-lenggok, tapi lebih dari itu, kebaya merupakan alat pemersatu bangsa dan negara, bukan hanya Indonesia, tapi juga para perempuan ASEAN." ujar Ketua Umum Kowani, Giwo Rubianto Wiyogo, dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (26/6/2024).

Peragaan busana yang diadakan oleh Kowani diiringi musik kolintang

Seperti diketahui, pada 4 Agustus 2023, Presiden RI, Joko Widodo, telah menetapkan 24 Juli sebagai Hari Kebaya Nasional, merujuk pada Kongres Wanita Indonesia X yang dihadiri oleh Presiden pertama RI, Ir. Soekarno.

Saat itu, seluruh peserta mengenakan kebaya. Keputusan ini menegaskan pentingnya kebaya sebagai simbol nasional wanita Indonesia.

Adapun acara puncak Hari Kebaya Nasional ke-1 akan dilaksakan pada 24 Juli 2024 di Istora Senayan, Jakarta, dengan harapan kehadiran Presiden Joko Widodo dan sekitar 7.000 perempuan.

Acara ini bertujuan melestarikan kebaya sebagai budaya nasional, memperkuat identitas bangsa, dan meningkatkan aspek ekonomi melalui pengembangan kebaya.

Baca Juga: Hari Kebaya Nasional, Agar Kebaya Tetap Dicintai dan Populer di Perempuan Muda