Rembug Stunting, Kolaborasi Multisektor untuk Menangani Stunting di Indonesia

By Ratnaningtyas Winahyu, Jumat, 28 Juni 2024 | 18:00 WIB
Rembug Stunting kembali digelar untuk bertukar pengetahuan terkait upaya penanganan stunting di Indonesia (Nakita.id/Tyas)

Nakita.id – Stunting adalah masalah kesehatan yang serius dan kompleks yang memengaruhi banyak anak di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Stunting tidak hanya berdampak pada pertumbuhan anak, tetapi juga pada perkembangan otak dan kognitifnya, yang dapat menyebabkan dampak jangka panjang terhadap kemampuan belajar, produktivitas, dan kesehatan di masa dewasa.

Di Indonesia, stunting telah menjadi perhatian nasional karena prevalensinya yang tinggi. Pemerintah Indonesia pun mengakui stunting merupakan masalah krusial yang perlu segera ditangani.

Namun, tidak hanya peran pemerintah, kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta juga sangat diperlukan.

Untuk mendiskusikan upaya dalam mengatasi stunting di Indonesia, Saving Next Generation Institute (SNGI), bersama WeCare.id, Indonesia Power, serta ParagonCorp sebagai tuan rumah, menggelar acara “Rembug Stunting Lintas Sektor”.

Rembug Stunting Lintas Sektor digelar di Paragon Head Office, Jakarta pada Kamis (27/6/2024) kemarin.

Acara ini merupakan sarana pertukaran pengetahuan antara pemangku kepentingan seperti kementerian/lembaga, perusahaan, dan NGO dalam upaya mengatasi stunting di Indonesia.

Sukses digelar perdana pada Juli 2023 lalu, acara ini kembali diadakan sebagai upaya untuk melanjutkan kolaborasi dari inisiatif baik yang telah dimulai di tahun sebelumnya.

Melalui acara ini, diharapkan lebih banyak kolaborasi yang lahir dalam penanganan stunting di Indonesia.

Topik utama yang dibahas dalam Rembug Stunting Lintas Sektor adalah "Studi Pencegahan Stunting dan Strategi Nasional untuk Mengatasi Stunting di Indonesia".

Dalam kegiatan ini, diadakan pula sharing terkait program-program stunting yang dimiliki setiap perusahaan, NGO, dan lembaga pemerintah.

Baca Juga: Benarkah Tidak Memberikan ASI Ekslusif Bisa Menyebabkan Stunting pada Anak?