Formasi CPNS 2024 untuk Lulusan SMP Ternyata Ada! Butuh 36 Pegawai

By Aullia Rachma Puteri, Jumat, 30 Agustus 2024 | 16:45 WIB
Formasi CPNS 2024 untuk lulusan SMP (Freepik.com)

Nakita.id - Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024 membuka peluang besar bagi lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) untuk menjadi bagian dari aparatur sipil negara (ASN).

Sejumlah instansi pemerintah daerah membuka formasi CPNS khusus untuk lulusan SMP, dengan penempatan pada jabatan Juru Pelihara Cagar Budaya.

Formasi ini memberikan kesempatan bagi mereka yang memiliki minat dan dedikasi untuk melestarikan warisan budaya Indonesia.

Juru Pelihara Cagar Budaya adalah tenaga kerja yang berperan penting dalam menjaga dan melindungi cagar budaya dari kerusakan, kehancuran, atau bahkan kemusnahan.

Mereka bertanggung jawab untuk memelihara, mengawasi, serta menjaga keamanan dan keselamatan situs cagar budaya.

Tugas ini meliputi memastikan bahwa pengunjung mematuhi aturan pelestarian, serta mengambil langkah-langkah preventif untuk mencegah kerusakan fisik maupun non-fisik pada situs bersejarah tersebut.

Menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Juru Pelihara Cagar Budaya memiliki wewenang untuk menegur dan mengingatkan pengunjung yang melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan prosedur pelestarian.

Posisi ini menuntut individu yang teliti, cermat, tekun, dan mampu bekerja sama dalam tim.

Lowongan CPNS 2024 untuk Lulusan SMP

Berikut adalah beberapa instansi pemerintah daerah yang membuka lowongan CPNS 2024 untuk lulusan SMP pada posisi Juru Pelihara Cagar Budaya:

1. Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah

Pemerintah Kabupaten Barito Utara membuka 10 formasi Juru Pelihara Cagar Budaya.

Peserta yang lolos seleksi akan ditempatkan di Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Bidang Kebudayaan.

Baca Juga: Inilah 6 Formasi CPNS 2024 Sepi Peminat! Butuh 809 Pegawai, Lo Moms