BERITA POPULER: Cara Bersiap Menghadapi Prediksi Gempa Megathrust hingga Ciri Kepala Bayi Masuk Panggul

By Diah Puspita Ningrum, Senin, 2 September 2024 | 14:00 WIB
BERITA POPULER: Cara bersiap menghadapi gempa megathrust (Freepik)

Nakita.id - Berikut ini sejumlah berita terpopuler yang dirangkum oleh Nakita pada hari Senin (2/9/2024).

1. Bagaimana Cara Bersiap Menghadapi Prediksi Gempa Megathrust?

Siapkan mulai sekarang cara menghadapi prediksi gempa megathrust. Gempa megathrust adalah jenis gempa bumi yang terjadi di zona subduksi, di mana satu lempeng tektonik menyusup di bawah lempeng lainnya. Gempa ini bisa menghasilkan getaran yang sangat kuat dan berpotensi memicu tsunami yang dahsyat.

Di Indonesia, yang terletak di atas Cincin Api Pasifik, ancaman gempa megathrust selalu ada, terutama di wilayah-wilayah seperti Sumatera, Jawa, dan Sulawesi.

Mengingat dampak yang bisa sangat merusak, sangat penting bagi masyarakat untuk bersiap menghadapi kemungkinan terjadinya gempa megathrust. Berikut adalah beberapa cara untuk bersiap menghadapi prediksi gempa megathrust.

1 Pahami Risiko di Lokasi

Langkah pertama dalam bersiap menghadapi gempa megathrust adalah memahami risiko di wilayah tempat tinggal. Ketahui apakah kalian tinggal di dekat zona subduksi atau pantai yang rentan terhadap tsunami.

Pemerintah dan lembaga seismologi biasanya menyediakan peta risiko gempa dan tsunami yang dapat membantu kalian memahami seberapa besar ancaman di area kalian. Dengan mengetahui risiko ini, kalian bisa lebih siap dalam merencanakan langkah-langkah mitigasi dan evakuasi.

2. Membangun atau Memperkuat Struktur Bangunan

Jika kalian tinggal di daerah yang rawan gempa, pastikan rumah atau bangunan tempat tinggal dirancang untuk tahan gempa.

Baca selengkapnya di sini

Baca Juga: BERITA POPULER: Siapa Shella Selpi Lizah hingga Penyebab Kanker Ovarium di Usia Muda