Tips Menyusui 2 Bayi Kembar dengan Berat Badan Kurang Agar Tumbuh Optimal

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Selasa, 17 September 2024 | 14:30 WIB
Tips menyusui bayi kembar yang memiliki berat badan kurang (Freepik)

Nakita.id - Menyusui adalah momen penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi, terutama bayi kembar dengan berat badan kurang.

Tantangan menyusui bayi kembar, apalagi yang lahir dengan berat badan rendah, tentu memerlukan perhatian khusus.

ASI adalah sumber nutrisi terbaik untuk membantu bayi mencapai berat badan ideal dan meningkatkan imunitas mereka.

Berikut beberapa tips yang dapat membantu ibu menyusui bayi kembar yang lahir dengan berat badan kurang, mengutip dari Parenting.

Menyusui Bayi Kembar yang Memiliki Berat Badan Kurang

1. Mulai Menyusui Secepat Mungkin

Usahakan untuk segera memulai menyusui setelah bayi lahir, idealnya dalam waktu satu jam pertama, meskipun bayi lahir prematur atau dengan berat badan rendah.

Kolostrum, yaitu ASI pertama, kaya akan antibodi dan nutrisi penting yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh bayi dan mendukung pertumbuhan awal mereka.

Jika bayi memerlukan perawatan di inkubator atau NICU, ibu dapat memompa ASI dan memberikan melalui botol atau alat bantu lainnya yang dianjurkan oleh dokter.

2. Pompa ASI Secara Rutin

Jika bayi kembar tidak dapat menyusu langsung karena berat badan rendah atau berada di NICU, ibu bisa mulai memompa ASI secara rutin.

Pemompaan yang sering (setiap 2-3 jam sekali) dapat membantu merangsang produksi ASI dan memastikan bayi tetap mendapatkan nutrisi yang cukup.

ASI yang dipompa dapat diberikan kepada bayi melalui botol atau alat bantu menyusui lainnya.

Konsisten memompa ASI sangat penting untuk mempertahankan pasokan ASI yang cukup, terutama jika kedua bayi memerlukan lebih banyak nutrisi untuk meningkatkan berat badan mereka.

Baca Juga: Bedakah Menyusui Bayi Prematur? Ini Tips Aman untuk Ibu Menyusui