Adventure Parenting, Membentuk Generasi Anak yang Tangguh dan Kreatif Lewat Petualangan

By Poetri Hanzani, Senin, 30 September 2024 | 14:13 WIB
Pentingnya adventure parenting dalam pola pengasuhan. (Nakita / Poetri)

Nakita.id - Penerapan pola pengasuhan yang tepat adalah fundamental dalam membantu anak tumbuh menjadi individu yang sehat, bahagia, dan berkontribusi positif dalam masyarakat.

Orang tua yang memahami dan menerapkan prinsip-prinsip pengasuhan yang baik akan memberi anak-anak mereka pondasi yang kuat untuk masa depan yang sukses.

Setiap orang tua pasti memiliki pola pengasuhan berbeda pada anak-anaknya. Namun, apakah Moms dan Dads pernah mendengar mengenai adventure parenting?

Mengenal Adventure Parenting

Adventure parenting adalah pendekatan dalam pengasuhan anak yang menekankan pengalaman eksplorasi, petualangan, dan koneksi dengan alam.

Konsep ini bertujuan untuk memberikan anak-anak kesempatan untuk belajar dan tumbuh melalui kegiatan di luar ruangan, seperti hiking, camping, dan bermain di alam bebas.

Pendekatan adventure parenting membantu anak-anak menjadi individu yang lebih baik, siap menghadapi tantangan hidup, dan berkontribusi positif bagi masyarakat.

Sering kali, orang tua dihadapkan dengan tantangan yang muncul saat anak-anak beralih dari SD ke SMP, terutama saat mereka memasuki fase pra-remaja. Dalam periode ini, anak-anak dan orang tua mungkin akan menghadapi berbagai tantangan utama.

Maka, perlu cara yang efektif untuk mempersiapkan perkembangan anak-anak mereka. Karena itu, pendekatan adventure parenting bisa menjadi cara untuk membantu orang tua membangun karakter dan budi pekerti anak-anak.

"Menjadi orang tua adalah perjalanan yang penuh tantangan dan tekanan. Karena itu, penting bagi orang tua untuk menekankan pentingnya mindset petualangan dalam parenting, di mana orang dan anak dapat bersama-sama menghadapi tantangan sehari-hari demi memperkuat bonding antara mereka," ujar Damar Wahyu Wijayanti selaku Certified Positive Discipline Parent Educator sekaligus co-Founder goodenoughparents.id dalam acara Taro Rangers Camp, Sabtu (28/9/2024) di Taman Safari Bogor.

Taro Rangers Camp bisa menjadi salah satu kegiatan untuk mengenalkan adventure parenting, yang tidak hanya baik untuk anak namun juga bermanfaat besar bagi orang tua. 

"Lewat program seperti Taro Rangers Camp, anak-anak didorong untuk keluar dari zona nyaman mereka, menghadapi tantangan, dan belajar mengatasi masalah dengan cara yang menyenangkan. Ini tidak hanya memberikan pengalaman petualangan, tetapi juga bisa menjadi panutan mereka dalam menerapkan 5 nilai dasar yang diusung Taro," jelasnya.

Baca Juga: Taro Rangers Camp, Membangun Karakter Anak Indonesia yang Kuat dan Berbudi Pekerti Melalui Adventure Parenting