Apa Itu Henti Jantung? Dugaan Penyebab Marissa Haque Meninggal Dunia

By Aullia Rachma Puteri, Kamis, 3 Oktober 2024 | 18:00 WIB
Penyebab Marissa Haque meninggal dunia adalah henti jantung (Instagram Marissa Haque)

Nakita.id - Henti jantung, juga dikenal sebagai cardiac arrest, adalah kondisi medis serius di mana jantung tiba-tiba berhenti berdetak.

Hal ini menyebabkan aliran darah ke otak, organ, dan seluruh tubuh terhenti, yang berakibat fatal jika tidak segera ditangani.

Henti jantung berbeda dari serangan jantung.

Pada serangan jantung, aliran darah ke jantung terganggu, sedangkan pada henti jantung, aktivitas listrik jantung tiba-tiba terhenti, sehingga jantung tidak bisa memompa darah sama sekali.

Kabar meninggalnya Marissa Haque pada 2 Oktober 2024 menggemparkan banyak orang, terutama karena beliau terlihat sehat sehari sebelumnya.

Adik Marissa, Syahnaz Haque, menyatakan bahwa kematian kakaknya diduga disebabkan oleh henti jantung.

Meskipun Marissa tidak memiliki riwayat penyakit jantung, kondisi ini dapat terjadi secara tiba-tiba dan tanpa peringatan.

Apa itu Henti Jantung?

Henti jantung terjadi ketika sistem kelistrikan jantung terganggu, yang menyebabkan jantung berhenti berdetak secara efektif.

Saat jantung berhenti berdetak, darah tidak dapat dipompa ke seluruh tubuh, terutama ke otak, yang mengakibatkan kehilangan kesadaran dalam hitungan detik dan jika tidak segera diatasi, bisa berujung pada kematian dalam beberapa menit.

Beberapa gejala awal henti jantung yang bisa dikenali, antara lain:

1. Kehilangan kesadaran secara tiba-tiba.

Baca Juga: Bukan Sakit! Penyebab Marissa Haque Meninggal Dunia, 'Kayak Tidur'