Cara Orangtua Membagi Pekerja Rumah pada Anak, Jangan Cuma Si Sulung Saja

By Diah Puspita Ningrum, Minggu, 20 Oktober 2024 | 11:00 WIB
Cara orang tua membagi pekerjaan rumah pada anak (Freepik)

Nakita.id - Orangtua membagi pekerjaan rumah pada anak kerap kali menjadi pemicu konflik apabila tidak dilakukan secara bijak.

Membagi pekerjaan rumah tangga di antara anggota keluarga, termasuk anak-anak, adalah salah satu cara yang efektif untuk mengajarkan tanggung jawab dan kemandirian.

Namun, dalam praktiknya, tidak jarang pekerjaan rumah lebih sering dibebankan pada si sulung.

Padahal, anak-anak dari berbagai usia dapat diberikan tugas rumah yang sesuai dengan kemampuan mereka.

Dengan membagi pekerjaan secara adil, setiap anak dapat belajar saling bekerja sama, dan tentunya mengurangi beban orang tua.

Mengapa Membagi Pekerjaan Rumah Penting?

Mengajak anak-anak terlibat dalam pekerjaan rumah bukan hanya membantu meringankan tugas orang tua, tetapi juga memiliki manfaat besar bagi perkembangan mereka. Berikut beberapa alasan mengapa pembagian pekerjaan rumah itu penting:

- Mengajarkan Tanggung Jawab

Anak-anak yang diberi tugas rumah akan belajar untuk bertanggung jawab atas tugas tersebut dan memahami bahwa setiap anggota keluarga harus berperan serta dalam menjaga kebersihan dan keteraturan rumah.

- Membangun Kemandirian

Melakukan pekerjaan rumah sendiri mengajarkan anak bagaimana mengurus diri dan lingkungannya. Hal ini akan mempersiapkan mereka untuk masa depan, ketika mereka harus hidup mandiri.

- Meningkatkan Kerjasama

Baca Juga: Tips Agar Suami Mau Bantu Pekerjaan Rumah Tangga, Coba Ini Moms