Kenapa Anak Sering Sekali Bengong? Ini yang Perlu Orangtua Waspadai

By Diah Puspita Ningrum, Minggu, 27 Oktober 2024 | 16:00 WIB
Kenapa anak sering sekali bengong (Freepik)

Nakita.id - Apakah Moms termasuk yang sering bertanya kenapa anak sering sekali bengong? Ini beberapa hal yang harus kalian waspadai.

Ketika anak terlihat sering melamun atau "bengong," banyak orang tua merasa khawatir dan bertanya-tanya, apakah hal tersebut normal atau tanda masalah tertentu.

Sebenarnya, sesekali melamun adalah hal yang wajar terjadi pada anak-anak, karena membantu mereka memproses informasi dan menenangkan pikiran.

Namun, jika anak terlalu sering melamun hingga mengganggu aktivitas sehari-hari atau berdampak pada perkembangan sosial dan akademisnya, orang tua perlu memperhatikan beberapa kemungkinan penyebab dan kapan saatnya mencari bantuan ahli.

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah penjelasan mengenai kenapa anak sering bengong dan apa yang harus diwaspadai.

Penyebab Kenapa Anak Sering Bengong

1. Kurang Konsentrasi atau Fokus

Melamun pada anak sering kali disebabkan oleh kurangnya fokus atau konsentrasi, terutama di lingkungan yang membutuhkan perhatian tinggi seperti di sekolah.

Anak-anak yang memiliki kesulitan berkonsentrasi lebih rentan teralihkan perhatiannya, sehingga pikiran mereka lebih mudah mengembara.

Dalam kasus tertentu, kebiasaan melamun ini bisa menjadi gejala Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD), di mana anak mengalami gangguan pada kemampuan untuk fokus dan cenderung menunjukkan perilaku melamun yang berkepanjangan.

Tanda-tanda yang perlu diwaspadai:

- Anak sering terlihat bingung atau tidak memahami instruksi sederhana.

- Anak sulit menyelesaikan tugas dengan baik dan membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan teman sebayanya.

Baca Juga: Tingkah Gala Sky Anak Vanessa Angel Buat Fuji Bingung, Tiba-tiba Bengong Menatap Sesuatu Lalu Memanggi 'Mama', Fuji: 'Jangan Bikin Takut'