Jangan Dimakan Lagi! Ini Bahaya Makanan atau Minuman yang Telah Dihinggapi Cicak

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Senin, 28 Oktober 2024 | 09:30 WIB
Bahaya makanan atau minuman yang dihinggapi cicak (Pixabay / lisy_)

Nakita.id - Cicak adalah salah satu hewan yang sering ditemukan di sekitar rumah, terutama di dapur atau ruang makan.

Meskipun ukurannya kecil, cicak bisa membawa risiko kesehatan jika mereka mengontaminasi makanan atau minuman yang kita konsumsi.

Mengingat cicak hidup di lingkungan yang bisa tercemar bakteri atau kotoran, penting bagi kita untuk memahami bahaya kesehatan yang mungkin timbul jika makanan atau minuman telah terkena cicak.

Bahaya Makanan atau Minuman yang Dihinggapi Cicak

1. Risiko Infeksi Bakteri

Cicak seringkali membawa bakteri berbahaya yang berasal dari tempat-tempat yang mereka lalui, seperti sampah, saluran pembuangan, atau lantai yang kotor.

Salah satu bakteri yang mungkin dibawa cicak adalah Salmonella, bakteri penyebab infeksi pada saluran pencernaan yang dapat menyebabkan gejala seperti diare, demam, mual, dan muntah.

Konsumsi makanan atau minuman yang telah tercemar bakteri ini dapat menyebabkan infeksi yang cukup serius, terutama bagi anak-anak, lansia, atau orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

2. Potensi Parasit dan Penyakit Lainnya

Selain bakteri, cicak juga dapat membawa parasit tertentu yang bisa menular ke manusia.

Parasit ini bisa mengontaminasi makanan atau minuman yang tersentuh cicak.

Jika masuk ke dalam tubuh, parasit dapat menyebabkan gangguan pencernaan atau penyakit parasitik lainnya yang mengganggu kesehatan.

3. Kontaminasi Racun dari Kotoran Cicak

Cicak sering kali meninggalkan kotoran di area tempat mereka berkeliaran, termasuk di sekitar makanan dan minuman yang dibiarkan terbuka.

Kotoran cicak mengandung zat beracun, seperti bakteri atau patogen, yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan jika tidak sengaja tertelan.

Baca Juga: Mitos atau Fakta, Anak Sering Sakit karena Banyak Cicak di Rumah?