5 Manfaat Bawang Putih untuk Bayi

By Gisela Niken, Sabtu, 18 Maret 2017 | 09:45 WIB
5 Manfaat Bawang Putih untuk Bayi (Gisela Niken)

Nakita.id – Bawang putih menjadi salah satu unsur makanan yang bisa diberikan kepada bayi di usia enam bulan ke atas. Nilai gizi disebut-sebut sebagai salah satu dari berbagai keunggulan bawang putih. Bawang putih mengandung vitamin B, kalium, hingga zat besi. Lalu apa manfaat bawang putih untuk bayi?

1. Menyembuhkan gangguan pernapasan Ibu perlu tahu bahwa sistem pertahanan tubuh pada bayi belum sepenuhnya berkembang. Si kecil pasti rentan mengalami kedinginan hingga flu dan demam. Sup dengan campuran bawang putih bisa membantunya tetap hangat dan mengeluarkan racun dalam tubuh.

2. Menyembuhkan sakit perut Untuk menyembuhkan sakit perut, Ibu bisa mencampurkan bawang putih dengan madu. Keduanya dapat menyembuhkan sakit perut ataupun sakit pada lambung.

3. Mencegah infeksi Bawang putih memiliki senyawa anti-mikroba yang dapat mencegah perkembangan bakteri. Oleh karena itu, bawang putih benar-benar bermanfaat untuk membunuh bakteri. Selain itu, bawang putih juga bisa membunuh bakteri di usus besar dan usus kecil lo, Bu.

4. Membunuh cacing Cacing pada usus memang sangat berbahaya. Nutrisi yang seharusnya diserap oleh bayi justru dimakan oleh cacing. Bawang putih dapat membunuh cacing pada usus seperti cacing pita.

5. Mempercepat penyembuhan Anti-mikroba yang terkandung dalam bawang putih dapat pula mempercepat pemulihan ketika si kecil sedang sakit. Ibu jangan khawatir pada luka kulit yang dialami si kecil. Bawang putih dapat pula mempercepat kesembuhannya.

Itu dia manfaat bawang putih untuk bayi. Ibu dapat mengombinasikan bawang putih pada makanan si keci. Selain untuk kesehatan, bawang putih dapat memberikan kekuatan rasa pada makanan.