Jangan Posting 8 Foto Ini di Media Sosial

By Gisela Niken, Minggu, 19 Maret 2017 | 02:30 WIB
Jangan Posting 8 Foto Ini di Media Sosial (Gisela Niken)

Nakita.id – Di era digital seperti sekarang, perilaku orang mulai berubah, termasuk Ibu. Ibu jadi senang posting segala kegiatan Ibu di media sosial, termasuk foto-foto si kecil. Berbagai kegiatan dan perkembangannya seakan tak boleh terlewat untuk dipamerkan. Tapi, tahukah Ibu bahwa ada beberapa foto yang tidak perlu di-posting di media sosial?

1. Saat anak mandi Foto ketika anak sedang telanjang merupakan hal yang tidak layak jadi konsumsi publik. Ibu harus berhati-hati jangan sampai foto si kecil jatuh ke tangan orang yang salah, seperti pelaku pornografi anak.

2. Saat anak sakit atau terluka Orangtua memiliki tugas untuk melindungi anak. Apakah Ibu ingin seseorang mem-posting foto Ibu saat sedang merasa kesakitan? Jangan jadikan kondisi si kecil menjadi sesuatu yang harus disebarkan.

3. Foto memalukan Mempermalukan anak di media sosial berdampak buruk bagi anak dalam jangka panjang maupun pendek. Si kecil bisa marah ketika tahu foto memalukannya tersebar. Kepercayaan anak kepada orangtua bisa berkurang lo, Bu.

4. Foto di toilet Ibu perlu mengingat efek dalam jangka panjangnya karena internet tidak mengenal waktu. Jika Ibu sudah mem-posting anak di media sosial, foto tersebut akan terus ada di dunia maya. Si kecil juga punya privasi yang perlu dihargai, kan?

5. Informasi mengenai anak Berbagai informasi seperti nama lengkap anak, sekolah, atau pun di mana mereka dititipkan harus dijaga. Informasi itu dapat membantu orang-orang yang tidak bertanggungjawab menjadi ingin berbuat tidak baik kepada si kecil.

6. Foto bersama teman Tentu menyenangkan ya memotret momen si kecil bersama teman-temannya. Namun, pastikan orangtua lain setuju jika Ibu mem-posting foto anak mereka. Pastikan pula foto temannya merupakan yang layak untuk di-posting.

7. Memicu bullying Ibu perlu mempertimbangkan apakah foto yang di-posting memengaruhi si kecil di sekolah. Jangan sampai foto yang disebar justru berisi kekurangan anak, dan dapat membuat anak menjadi korban bullying di sekolah.

8. Kegiatan yang tidak aman Foto kegiatan yang tidak aman dapat memicu masalah buat Ibu, lo. Misalnya, foto anak membawa rokok atau memegang kemudi kendaraan. Bisa jadi Ibu akan dihujani kritik dan protes dari pihak lain karena dianggap tidak mampu menjaga anak.

Sekali lagi, Ibu perlu berhati-hati mengenai foto yang tidak perlu di-posting di media sosial. Jangan lupakan keselamatan serta efek jangka panjangnya ya.