Terlambat Haid? Ini Penyebabnya!

By Ipoel , Minggu, 13 September 2015 | 20:00 WIB
Terlambat Haid? Ini Penyebabnya! (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Jangan keburu panik. Yuk...kenali apa saja yang menjadi penyebab terlambat haid di sini.

Stres.

Jangan pernah sepelekan stres. Sebab stres mampu berdampak buruk pada banyak sektor dalam hidup Anda, termasuk pada siklus menstruasi. Ketika stres tubuh kita akan menurunkan jumlah hormon (Gonadotropin atau GnRH) yang sebabkan kita tidak berovulasi atau menstruasi.

Berkonsultasi dengan dokter bisa membantu Anda mencari tahu cara terbaik untuk tetap bisa merasa rileks dan kembali ke jadwal haid yang normal.

Penyakit.

Menderita penyakit yang tiba-tiba, sebentar atau lama bisa sebabkan haid Anda jadi tertunda. Dan kondisi ini biasanya bersifat sementara kok. Setelah penyakit itu sembuh, umumnya siklus haid akan kembali seperti semula.

 

Perubahan aktivitas harian.

Adanya perubahan jadwal aktivitas sehari-hari bisa mengganggu jam tubuh Anda. Seperti jika Anda yang biasa kerja pagi pindah ke jam malam, atau sebaliknya.

Apabila Anda sering melakukan perubahan jam kerja dan menemukan adanya masalah dalam siklus bulanan Anda, lebih baik carilah pekerjaan yang memiliki jam kerja lebih permanen atau yang melakukan perubahan jam kerja dalam rentang waktu yang lama.

 

Pergantian obat yang dikonsumsi.