Bersepeda Dapat Menurunkan Kualitas Sperma?

By Heni, Selasa, 1 Juli 2014 | 13:00 WIB
Bersepeda Dapat Menurunkan Kualitas Sperma? (Heni)

Mungkin Anda sudah banyak mendengar pelbagai rumor dan mitos seputar infertilitas (ketidaksuburan) pada pria, mulai dari bahaya mengendarai sepeda sampai penggunaan celana yang terlalu ketat. Nah...ketimbang kita percaya dengan yang masih ‘katanya’, lebih baik Anda cari tahu benarkah bersepeda dapat menurunkan kualiatas sperma

Fakta #1 Sepeda aman buat ‘Si Adik’

Rumornya bersepeda dapat menurunkan kualits sperma, tapi hal ini tidak sepenuhnya benar. Memang sebuah studi kecil dari Austria menemukan para pesepeda gunung pria mengalami kerusakan skrotum (kantung buah zakar) yang disebabkan benturan dan goncangan saat berkendara di dataran kasar. Tapi studi ini hanya mengambil sampel peseda ekstrim yang sudah mengayuh pedalnya hampir 3.000 mil per tahun, atau sekitar 2 jam lebih per hari, 6 hari seminggu. Plus, studi ini juga menambahkan bahwa bentuk sepeda yang tipis dan tempat duduk tipe balap juga menjadi biang keladinya. Berdasarkan temuan yang masih terbatas, studi ini mendapatkan kritikan dari pelbagai komunitas medis. Para ahli mengatakan belum ada data kuat yang benar-benar bisa mendukung rumor bahwa bersepeda bisa memberi pengaruh buruk pada kesuburan pria. Padahal fakta yang sudah ada, bersepeda merupakan salah satu bentuk olahraga yang baik. Dan menjadi orang yang tetap sehat serta bugar merupakan kunci dari kesuburan.

 Fakta #2 Hindari sauna dan air panas.

Agar terasa lebih sempurna, biasanya para pria suka mengakhiri hari atau sesi olahraga mereka dengan berendam di air panas atau melakukan sauna. Segar! Tapi perlu diingat, jika si pria adalah suami Anda, dan kalian berdua sedang menjalani program hamil, coba ingatkan dia untuk melewatkan sementara kesukaan tersebut. Mengapa? Sebab paparan suhu yang tinggi di dalam sauna dan air panas dapat memanaskan bagian tubuh yang ada ‘di bawah’ juga. Apabila suhu testis terlalu tinggi, maka sperma akan terbunuh, produksi sperma terganggu. Alhasil turunlah jumlah sperma potensial dan kemampuan bergeraknya (motilitas). Meski kerusakan ini tidak bersifat permanen, tapi mintalah pasangan untuk absen sementara dari rutinitas tersebut agar tidak menurunkan kualits sperma.  

 Fakta #3 Gunakanlah yang paling nyaman.

Tidak ada jawaban dari  perdebatan antara mana yang lebih baik, menggunakan boxer atau celana dalam ketat. Lagi pula, jenis celana dalam yang digunakan pria tidak ada kaitannya sama sekali dengan proses pembuahan pada istri. Kuncinya hanya kenyamanan. Biarkan pasangan Anda menggunakan celana dalam favoritnya. Hingga kini belum ada bukti kuat bahwa pemakaian celana dalam atau celana panjang yang ketat bisa menurunkan produksi sperma dengan menekan dan meningkatkan suhu testis.

 Fakta #4 Laptop bisa ganggu fertilitas.

Pasangan Anda punya kebiasaan menaruh laptop di atas paha? Segera bantu dia ubah kebiasaan itu. Seperti layaknya sauna dan air panas, temperatur tinggi yang dikeluarkan laptop mampu meningkat suhu skrotum, dan ujungnya akan menurunkan produksi sperma.  Sebuah studi mencatat pemanasan skrotum lebih dari 1,8 derajat sudah cukup sebabkan kerusakan pada sperma. Supaya lebih aman, taruhlah laptop di atas meja saat menggunakannya.

 Fakta #5 Bahaya gelombang telepon genggam.

Berbanding terbalik dengan perkembangan teknologinya yang makin luar biasa, telepon genggam mendapatkan reputasi buruk dari para ahli kesehatan, mulai dari jadi penyebab tumor otak, kanker, hingga mengganggu kesuburan. Meski kita belum tahu bagaimana gelombang elektromagnetik dari telepon genggam berdampak bagi tubuh, beberapa studi menunjukkan tingginya tingkat radikal bebas dalam sampel sperma akan menurunkan kualitas dari sperma. Studi lebih lanjut memang dibutuhkan, tapi data-data yang ada sudah bisa menyarankan kaum pria untuk tidak menaruh telepon genggam mereka di kantung celana atau sabuk. Mungkin saatnya para pria berpikir menggunakan tas mulai dari sekarang.

 Fakta #6 Age is not always be a factor.