Calon Ibu Perlu Tahu, Ini Tandanya Jika Ibu Sudah Siap Hamil

By Heni, Selasa, 22 Agustus 2017 | 09:40 WIB
Persiapan sebelum hamil yang penting diketahui Ibu (Santi Hartono)

 Nakita.id - Salah satu faktor yang menyebabkan Ibu siap hamil adalah tengah memasuki masa subur. Selain itu, tubuh Ibu juga harus sehat agar kehamilan lancar. Nah, ini dia berbagai tanda tubuh yang sudah siap hamil dan wajib Ibu ketahui. 

Baca juga: 5 Persiapan Penting Sebelum Hamil 

1.Semuanya bau Bila hari ini Anda sampai mual dan muntah saat mengambil sampah yang baunya biasa saja, itu berarti indra penciuman sedang sangat tajam, lebih dari biasanya. Menurut American Pregnancy Association, penciuman yang tajam ini menunjukkan seorang perempuan sedang berovulasi, subur atau siap hamil. Siap untuk berintim-intim dengan pasangan?

2.Bolak-balik bercermin. Entah mengapa, Anda tiba-tiba merasa diri lebih menarik, lebih cantik, dan lebih pintar daripada biasanya. Anda bahkan tak bisa jauh-jauh dari cermin. Kemungkinan besar, daya tarik itu muncul karena proses ovulasi yang melibatkan berbagai hormon perempuan. Efek sampingnya, Anda merasa lebih seksi, bibir lebih penuh, pupil membesar, dan kulit lebih lembut.

Baca juga: Persiapan Penting Sebelum Hamil Agar Janin Sehat Sepanjang Kehamilan 

3.Rajin mengonsumsi sayur-sayuran. Kondisi tubuh yang prima adalah salah satu syarat agar bisa hamil dengan sehat. Tapi, tahukah Anda bahwa banyak mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan dapat meningkatkan kesuburan? Nah, jika para calon mama sudah makin giat makan salad sayur dan buah, selamat, kemungkinan besar kesuburan Anda meningkat!

4.Menuju berat badan ideal. Kondisi kegemukan atau justru terlalu kurus dapat memengaruhi suksesnya pembuahan. Fakta menunjukkan, perempuan yang terlalu kurus sangat sulit untuk hamil alias empat kali lebih lama daripada perempuan berbobot ideal. Yang kelebihan berat badan pun biasanya punya masalah dengan menstruasi karena resistensi insulin.

Untuk yang kelewat kurus, coba lebih sering makan makanan ringan, latihan untuk meningkatkan massa otot, serta banyak minum jus dan susu. Untuk Anda yang kelebihan berat badan, pilihlah diet yang realistis dan pastikan cukup nutrisi, rutin berolahraga, dan minum banyak air putih. Program penurunan atau peningkatan berat badan sebaiknya dikonsultasikan pada dokter.

Baca juga; Penting: Persiapan Emosi Ayah dan Ibu Sebelum Hamil 

5.Mengurangi asupan kopi dan alkohol. Sebenarnya, dampak kafein pada kesuburan masih diperdebatkan. Tapi dokter menganjurkan calon mama membatasi konsumsi kafein menjadi maksimal 200 miligram per hari atau sekitar dua cangkir saja. Alkohol pun bisa menghambat menstruasi dan mengubah kadar hormon reproduksi yang dibutuhkan untuk proses ovulasi.