Kapan Bisa Mendengar Detak Jantung Janin?

By Santi Hartono, Kamis, 5 Oktober 2017 | 04:15 WIB
Mendengar Detak Jantung Bayi untuk Pertama Kali (Santi Hartono)

Nakita.id– Mendengar detak jantung bayi untuk pertama kali, saat ia masih di dalam kandungan, adalah momen yang sangat mengesankan sekaligus mengharukan.

Bagaimana tidak? Ketika itu, terdengar bukti sangat nyata bahwa terdapat kehidupan di dalam rahim Ibu. Lalu kapan paling cepat Ibu bisa mengalaminya?

Ibu akan bisa mendengar—dan melihat—detak jantung bayi Ibu pertama kali saat kehamilan Ibu sudah memasuki usia delapan minggu ketika Ibu melakukan pengecekan kandungan dengan alat USG.

Detak jantung Ibu mulai berdetak saat ia berumur sekitar 6 minggu.

Baca juga: 5 Faktor yang Berperan Penting Bagi Pertumbuhan Janin 

Atau, jika tidak, Ibu mungkin akan mendengar detak jantung bayi untuk pertama kali lewat alat Fetal Doppler di kunjungan regular prenatal Ibu.

Dokter atau bidan akan bisa menemukan detak jantung bayi Ibu dengan Fetal Doppler paling cepat saat si kecil berumur 10 minggu, tapi biasanya Ibu akan bisa mendengarnya saat ia berumur 12 minggu.

Seberapa cepat suara detak jantung bisa terdeteksi bergantung pada posisi janin di dalam rahim, bobot tubuh Ibu  dan keakurasian hari perkiraan lahir si kecil.

Bagi yang belum mengetahui, Fetal Doppler adalah alat USG genggam yang digunakan dokter atau bidan untuk mendeteksi detak jantung janin di dalam kandungan Ibu.

Baca juga: Ibu Hamil Wajib Tahu! Ini Perkembangan Janin Setiap Minggu

Dokter atau bidan akan mengoleskan gel ke alat tersebut lalu menempelkannya di sekitar perut sampai berhasil menemukan tempat di mana detak jantung bisa dideteksi.

Doppler mengirimkan dan menerima gelombang suara yang memantulkan detak jantung janin.