Ini Cara Cegah Anak Agar Tidak Kegemukan

By Ipoel , Kamis, 27 Agustus 2015 | 22:00 WIB
Ini Cara Cegah Anak Agar Tidak Kegemukan (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Tingkatkan kualitas hidup anak dengan cara cegah anak agar tidak kegemukan lewat tip ini.

Di zaman serba instan seperti sekarang, anak-anak Anda dihadapkan dengan pelbagai godaan makanan-makanan dan pola hidup yang tidak sehat. Dan salah satu akibat yang muncul adalah meningkatnya angka obesitas pada anak. Sebagai orang tua yang peduli dengan kesehatan dan tumbuh kembang anak, Anda perlu melakukan sesuatu untuk mencegah hal itu sampai terjadi.

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah obesitas pada anak:

Cara #1 Jadilah panutan yang baik.

Agar anak tidak kegemukan, jadilah teladan. Ingat,  obesitas bersifat genetik, maka langkah pertama yang paling efektif dalam mencegah obesitas pada anak adalah dengan menjadi panutan terbaik untuk si kecil. Dimana orang tua harus menjalankan pola hidup sehat terlebih dahulu.

Sebab jika salah satu orang tua mengalami obesitas, maka risiko anak menderita obesitas menjadi 40%. Dan persentase ini akan meningkat menjadi 70% apabila kedua orang tua menderita obesitas.

Perlu diingat bahwa obesitas bisa meningkatkan risiko masalah penyakit yang serius, baik pada anak-anak dan orang dewasa, dan pilihan untuk hidup sehat mampu membantu keluarga Anda menekan risiko tersebut.

Cara #2 Lakukan pemeriksaan rutin ke dokter anak.

Langkah ini akan bantu Anda dalam memantau kondisi kesehatan anak secara keseluruhan. Dokter anak akan melakukan pemeriksaan fisik, menjawab semua pertanyaan yang Anda seputar perkembangan anak, melakukan imunisasi, dan memantau pertumbuhan buah hati Anda. Mulai dari tinggi, berat, hingga body mass index (BMI), untuk memastikan anak Anda tumbuh dengan sehat dan normal.

Cara #3 Pastikan si kecil mendapatkan jam tidur yang cukup.

Studi menunjukkan anak yang sering tidak mendapatkan waktu tidur sesuai yang direkomendasikan, memiliki risiko menderita kegemukan lebih tinggi ketimbang anak yang memiliki jam tidur cukup secara rutin. Untuk balita disarankan untuk mendapatkan jam tidur sebanyak 12 jam. Sedangkan untuk anak yang sudah masuk sekolah, mereka membutuhkan 10 jam tidur setiap harinya.

Cara #4 Ajarkan kebiasaan mengonsumsi makanan sehat.