Kok Bayiku Belum Lahir Juga?

By Faras Handayani, Rabu, 26 Oktober 2016 | 23:15 WIB
Kok Bayiku Belum Lahir Juga? (Faras)

Tabloid-Nakita.com - Bayi sudah cukup bulan, dan memasuki perkiraan tanggal kelahiran. Tetapi mengapa si bayi belum juga lahir? Maklum, Mama merasa sudah begitu kelelahan karena tubuh sudah semakin berat. Apa yang menyebabkan bayi belum lahir juga?

Bayi belum juga dilahirkan jika jalan lahir tak kunjung membuka. Penyebabnya beragam, yakni:

Baca: 5 Potensi Masalah Bayi Lahir Terlambat

1. Persalinan palsu Si ibu memang memang belum tiba pada fase persalinan alias baru merasakan persalinan palsu karena itulah bayi belum juga dilahirkan. Dari rumah sudah terasa mulas yang hebat, tapi setelah diobservasi beberapa jam, ternyata mulasnya menghilang sendiri. Jadi, persalinan lama karena memang belum waktunya lahir. 2. Power kurang bagus Power atau kekuatan yang mendorong janin keluar, dikenal juga dengan istilah kontraksi atau his. Yang dimaksud power kurang bagus ialah sama sekali tak terjadi kontraksi (inersia primer). Atau kontraksi pada awalnya bagus, yaitu kuat dan teratur, lantas hilang (inersia sekunder). Bisa juga kontraksinya terlalu sering sehingga tak efektif (takisistol), kontraksi tak teratur atau berubah-ubah (inkoordinat), kotraksi terlalu kuat dan sering hingga tak ada relaksasi rahim (tetanik).

Baca: Usia Kehamilan 40 Minggu Belum Ada Tanda Melahirkan, Normalkah? 3. Passanger atau bayinya Bisa karena ukuran bayinya yang besar sekali atau tak sesuai ukuran panggul ibu. Otomatis, pembukaan tak maju-maju karena si bayi ketahan di atas terus, sehingga bayi jadi sulit dilahirkan. Misalnya, berat janin hingga 5 kg. Walau panggul ibunya normal, tetap saja susah keluarnya. Alhasil, pembukaannya pun terpengaruh.

Bisa juga lantaran posisi bayi yang salah. Posisi melintang atau posisi kepala berubah hingga tertahan di tulang-tulang panggul atau mengalami distosia (kemacetan persalinan), misalnya. Yang normal, kan, lahir dengan posisi kepala belakang duluan yang keluar atau posisi menunduk. Nah, kalau posisinya berubah, semisal kepalanya jadi tengadah, maka diameter yang masuk ke panggul yang terbesar jadi tak muat.

Baca juga: Mama, Ini Tanda Mulas Asli Sebelum Melahirkan 4. Passage atau jalan lahir Bisa jadi bayi tak ada masalah dan kontraksi juga bagus, tapi tulang punggung si ibu yang bermasalah. Entah terlalu sempit atau bentuknya tak sempurna gara-gara pernah kecelakaan seperti bengkok atau berbentuk segitiga.

Itulah empat penyebab bayi belum juga dilahirkan. Bila ini terjadi, langsung berkonsultasi dengan dokter ya, Mam, supaya segera dilakukan tindakan antisipasi.