Perubahan Fisik Ibu Hamil di Trimester I

By Ipoel , Minggu, 28 Februari 2016 | 22:58 WIB
Perubahan Fisik Ibu Hamil di Trimester I (Ipoel )

TabloidNakita.com – Tak hanya perubahan fisik luar yang akan terjadi selama kehamilan. Perubahan fisik ibu hamil bagian dalam pun akan terjadi. Berikut beberapa perubahan fisik ibu hamil di trimester I: 

* MORNING SICKNESS

Dikatakan morning sickness karena keluhan ini kerap terjadi di pagi hari pada waktu bangun. Diantaranya keluhan pusing kepala, mual hingga muntah. Keadaan ini akibat gangguan metabolisme karbohidrat. Sebaiknya, bila serangan ini terjadi, minumlah air teh manis panas sebelum bangun dan berjalan. Mual muntah juga bisa diatasi dengan ramuan alami. 

* PERUBAHAN PENCERNAAN

Perut akan terasa kembung, juga akan terasa nyeri di perut bagian bawah saat usia kehamilan 12 minggu. Saat itu semua pengikat rahim akan terasa seperti ketarik, sehingga terasa nyeri dan pegal-pegal.

Di daerah mulut pun akan terjadi perubahan, terutama jika terjadi mual dan muntah berkepanjangan, maka bisa menjadi infeksi daerah gigi karena berkurangnya kalsium dalam makanan. Terjadi juga hipersalivasi (pengeluaran air liur berlebihan), sehingga terkadang menyulitkan untuk makan. Air liur ini dapat menyebabkan pembengkakan pada gusi (epulis).

* PERUBAHAN SIRKULASI DARAH

Selama kehamilan, hormon estrogen pun akan mengalami peningkatan. Nah, peningkatan ini menyebabkan penyesuaian peredaran darah. Volume darah akan makin meningkat yang menyebabkan pengenceran darah ibu dan menyebabkan penurunan hemoglobin darah.

* PERUBAHAN PEMBULUH DARAH

Akan tampak garis biru yang samar-samar di bawah kulit, pada payudara, dan perut. Itu adalah kondisi normal saat hamil. Jaringan pembuluh darah mengembang untuk membawa darah lebih banyak bagi kehamilan.

Tak perlu dikhawatirkan karena umumnya akan menghilang dengan sendirinya setelah melahirkan.

* SEMBELIT