Ibu Hamil Wajib Tahu! Ini Perkembangan Janin Setiap Minggu

By Ipoel , Kamis, 7 September 2017 | 09:00 WIB
Perkembangan janin sesuai usia yang perlu Ibu ketahui (Santi Hartono)

Nakita.id - Perkembangan janin adalah proses yang luar biasa. Profil luar tubuh embrio seperti leher, rahang mulai terbentuk di minggu ke-4 konsepsi. Meski badan janin masih terlihat melengkung, tapi bagian mana kepala dan mana badan sudah terlihat jelas. Selain itu tonjolan bakal tangan dan kaki juga sudah terlihat.

Di minggu ke-5 konsepsi, mulai terlihat pembentukan rahang atas dan rahang bawah. Cikal bakal ginjal dan hati juga telah terbentuk di minggu ini.

Selanjutnya di minggu ke-6 konsepsi, mulai terdeteksi pembentukan tulang belakang, siku, dan pergelangan tangan. Sementara ginjal mulai memproduksi urine.

Baca juga: Pertumbuhan Janin yang Normal Berdasarkan Usia Kehamilan

Pada minggu ke-7 konsepsi, kepala janin sudah lebih tegak dan leher makin berkembang. Di minggu ini juga lengan, tungkai, dan jari-jari tampak jadi lebih panjang. Di bagian tangan dan kaki mulai terbentuk siku, lutut, dan mata kaki. Usus yang semula berada di luar dinding perut mulai masuk ke dalam. Alat kelamin juga sudah berkembang di minggu ini, meski belum bisa dibedakan apakah berjenis kelamin laki-laki atau perempuan.

Di minggu ke-9 kuku jari tangan dan kaki serta folikel rembut mulai tampak. Jumlah jari-jemari sudah bisa dihitung.

Baca juga: 10 Faktor Penghambat Perkembangan Janin 

Di minggu ke-10, sistem pencernaan telah mampu melakukan kontraksi untuk mendorong makanan melewati usus besar. Saluran pencernaan sudah bisa menyerap glukosa dan gula lainnya secara aktif.

Masuk minggu ke-11, sistem saluran pencernaan makin berkembang, hati sudah memiliki kelenjar empedu dan memproduksi zat yang membantu usus mencerna lemak. Ginjal juga dapat memprodusksi urine dan mengalirkannya ke kandung kemih.

Baca juga: Menakjubkan, Perkembangan Janin yang Terjadi Selama di dalam Rahim

Beberapa jenis enzim mulai diproduksi dan disimpan. Usus mulai membentuk bagian dalamnya yang berfungsi menyerap sari pati makanan. Pankreas sudah bisa memproduksi insulin yang bertugas mengurai kelebihan gula dalam darah menjadi zat yang bisa disimpan di hati.

Di minggu ke-12, tangan, pergelangan tangan, kaki, lutut serta jari-jemari kaki sudah bisa digerakkan.

Janin mulai bisa menggerakkan kepala serta berekspresi dengan jari-jari mengepal di minggu ke-13.

Di minggu ke-20 hati sudah memproses bilirubin dan mengeluarkannya dari tubuh janin. Bila bayi lahir prematur akan timbul masalah berkenaan dengan produksi bilirubin ini akibat hati belum dapat memproses bilirubin dan mengeluarkannya dari darah. Proses ini terus berlangsung hingga janin siap dilahirkan.