Penyakit Infeksi Pada Bayi (1)

By Ipoel , Minggu, 28 Juni 2015 | 08:00 WIB
Penyakit Infeksi Pada Bayi (1) (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Beberapa infeksi berikut sering terjadi pada bayi, apa gejalanya dan bagaimana penanganan penyakit infeksi pada bayi:

Diare pada bayi

Data dari Unicef dan WHO menyebutkan sekitar 162 ribu bayi meninggal tiap tahun akibat diare di Indonesia. Data yang lain menyebutkan 15% infeksi penyebab kematian pada bayi adalah diare. Umumnya diare yang terjadi pada bayi diakibatkan infeksi bakteri. Apalagi di usia ini bayi sedang senang-senangnya bereksplorasi memasukkan sesuatu ke mulut, seperti tangannya sendiri atau mainannya. Mainan atau tangan yang kotor inilah pembawa bakteri yang menyebabkan infeksi. Yang harus diwaspadai dari diare adalah kemungkinan dehidrasi yang menyertai.

Gejala diare pada bayi:

Penanganan diare pada bayi:

Infeksi Jalan Lahir pada bayi

Infeksi lainnya yang juga sering menyerang bayi adalah infeksi jalan lahir. Infeksi didapat dari ibunya saat bayi berada di kandungan ataupun saat melewati jalan lahir. Contoh, infeksi oleh toksoplasma ataupun infeksi lokal seperti infeksi saluran kemih dan keputihan. Infeksi juga bisa didapat karena tertular bayi lain yang sudah terinfeksi lebih dulu di ruang bayi. Hal ini disebabkan bayi baru lahir  rentan mengalami infeksi karena imunitas kondisi tubuhnya yang masih lemah.

Gejala infeksi jalan lahir pada bayi:

Penanganan: