Pilihan Sayuran dan Buah Pertama untuk MPASI

By Santi Hartono, Kamis, 2 Maret 2017 | 21:00 WIB
Pilihan Sayuran dan Buah Pertama untuk MPASI (Dini)

Nakita.id - Selama 6 bulan pertama kehidupan bayi, asupan terbaik baginya adalah ASI eksklusif. Selepas ASI eksklusif selama 6 bulan, bayi perlu diperkenalkan dengan makanan pertama yang disebut makanan pendamping ASI atau MPASI. Kalau Mama masih bingung memilih makanan untuk si kecil, ada beragam makanan yang dapat diolah dan diberikan untuk anak, kok. Semakin bervariasi bahan makanan yang diberikan, semakin terpenuhi kecukupan gizi si bayi.

Satu hal yang perlu selalu kita ingat, makanan yang sehat adalah makanan yang memenuhi kriteria gizi seimbang, termasuk MPASI. Terkait dengan ini, porsi terbesar MPASI menurut prinsip gizi seimbang adalah beras dan serealia. Selanjutnya, kelompok nabati (sayuran), buah-buahan, susu, dan daging. Sedangkan zat gizi yang hanya dibutuhkan dalam jumlah kecil adalah lemak, minyak, dan gula. Jenis lemak yang dianjurkan adalah lemak tak jenuh.

Khusus mengenai sayuran dan buah sebagai sumber vitamin dan mineral, apa pilihan sayuran dan buah pertama untuk MPASI?

Sayuran dan buah pertama untuk MPASI yang disarankan adalah wortel pada usia 6 bulan karena mudah dicerna, dan kaya akan vitamin A (betakaroten) yang bagus untuk mata serta sebagai antioksidan. Bayam juga disarankan diperkenalkan ketika bayi usia 7 bulan karena seratnya mudah dicerna oleh tubuh dan kaya akan zat besi.

Masuk usia 9 bulan dapat diperkenalkan brokoli sebagai finger food. Umumnya bayi menyukai karena bentuknya yang unik dan rasanya yang khas. Caranya cukup direbus hingga lunak. Brokoli kaya akan asam folat, tinggi serat dan kalsium, juga dipercaya mampu menangkal radikal bebas. Perlu Mama ketahui, radikal bebas ini merupakan salah satu penyebab kanker.

Untuk buah-buahan untuk tahap awal MPASI yang disarankan adalah avokad, pisang, dan pepaya. Ketiganya mudah dicerna oleh sistem pencernaan bayi usia 6 bulan, rasanya pun lezat. Pisang ambon yang manis kaya akan kalium yang bermanfaat untuk  kesehatan jantung, sedangkan pepaya kaya serat, dan avokad kaya asam lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh sangat baik untuk pertumbuhan otak bayi.

Untuk bayi 6 bulan, saran penyajiannya adalah hancurkan avokad menggunakan sendok, campur dengan ASI. Untuk bayi 9 bulan, campur avokad yang sudah dihancurkan dengan cream cheese, sajikan dengan potongan apel sebagai sausnya. Pilihan lainnya, sajikan dengan potongan crackers atau biskuit yang aman untuk bayi.

Buah lain yang disarankan untuk diperkenalkan adalah jeruk karena kaya vitamin C dan antioksidan. Untuk bayi 6 bulan berikan jeruk baby yang diperas dan diambil sari jeruknya. Sedangkan untuk bayi 9 bulan saran penyajiannya adalah kupas jeruk dan pisahkan bijinya pada setiap bagian jeruk, sajikan sebagai finger food karena rasanya yang manis.

Nah, itulah pilihan sayuran dan buah pertama untuk MPASI. Tak sulit mencari bahan-bahan tersebut kan? 

Narasumber: •  Dr. Sri Sofyani, SpA (K), Staf Divisi Tumbuh Kembang – Pediatri Sosial •  Dr. Hj.Tiangsa Sembiring, SpA (K), Staf Divisi Nutrisi dan Penyakit Metabolik,  Departemen  Ilmu Kesehatan Anak. Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara –RS H. Adam Malik, Medan