Cara Tepat Memandikan Bayi Baru Lahir

By Gisela Niken, Kamis, 8 September 2016 | 05:55 WIB
Memandikan bayi baru lahir tidak perlu langsung menggunakan air (Foto; Baby Center) (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Merawat bayi baru lahir jadi pertanyaan bagi banyak Mama. Apakah si kecil boleh diberikan ini itu? Salah satu yang membuat Mama bingung adalah cara tepat melahirkan bayi baru lahir. Berikut beberapa tip dan trik agar Mama bisa menjaganya tetap bersih tanpa menganggu kesehatannya.

Baca juga: 4 perawatan penting bayi baru lahir

Kira-kira kapan bayi perlu dimandikan? Tanda bayi baru lahir siap mandi adalah ketika tali pusat telah jatuh. Artinya, Mama tak perlu takut membuat lukanya jadi makin parah karena terkena air. Jika tali pusat belum jatuh, Mama bisa membersihkan bayi dengan kain lap hangat beberapa kali dalam seminggu. Mama tak perlu membersihkannya setiap hari lo. 

Baca juga: Tip mandikan bayi

Pada umumnya, bayi baru lahir dimandikan 1 hingga 3 kali per minggu. Pada umumnya bayi baru lahir cenderung lebih bersih sehingga Mama memandikannya saat ia kotor. Semakin tua usia bayi, Mama harus memandikannya lebih sering. Mama juga harus memerhatikan bagian yang memiliki kotoran tersembunyi seperti bagian ketiak dan selangkangan. Saat mandi apakah bayi membutuhkan sabun ya, Mam?

Bagi bayi baru lahir, Mama hanya membutuhkan air hangat untuk membantunya tetap bersih. Mama boleh saja menggunakan sabun untuk membuatnya semakin bersih. Pastikan sabun tersebut bebas dari pewarna, parfum dan bahan-bahan kimia berbahaya. Biasanya Mama dengan mudah bisa memilih sabun atau sampo yang khusus untuk bayi agar menghindari dari iritasi.

Baca juga: Mandi segarkan tubuh bayi

Masalah lain saat memandikan bayi baru lahir adalah bayi yang tidak senang dengan waktu mandi. Mama tak perlu memaksanya mandi di bak mandi. Sebab, mandi dengan menggunakan spons atau kain lap aja. Saat mandi menggunakan lap, mulailah dari bagian wajah hingga turun hingga kaki. Pastikan lipatan leher hingga pergelangan tangan dibersihkan. Semakin sering membawa bayi mandi, ia akan lebih mudah beradaptasi dengan air.