Perawatan Kecantikan yang Aman untuk Ibu Hamil

By Gisela Niken, Kamis, 8 September 2016 | 23:00 WIB
Perawatan kulit yang aman untuk ibu hamil harus mengurangi paparan bahan kimia (Foto: Skin Lounge) (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Ketika Mama hamil, pastinya Mama ingin tetap cantik dan bersih. Beberapa Mama tetap melakukan perawatan pada kulit khususnya wajah. Namun, ada beberapa hal yang perlu Mama perhatikan agar perawatan ini tidak menganggu kesehatan kehamilan. Berikut beberapa perawatan kecantikan yang aman untuk ibu hamil yang perlu Mama ketahui.

Baca juga: Kiat agar gigi tetap sehat dan catik saat hamil

Umumnya, Mama harus menghindari perawatan yang menggunakan suhu tinggi. Paling tidak suhu  yang pas untuk ibu hamil sekitar 40 derajat celcius. Penelitian telah menemukan bahwa suhu ini adalah suhu maksimum agar tetap menjaga Mama dan bayi tetap sehat. Hindari menggunakan bahan kimia secara langsung pada kulit. Saat menyentuh kulit, baham kimia dapat menyerap ke dalam aliran darah.

Jika menggunakan bahan kimia di dalam ruangan, pastikan ruangan memiliki ventilasi yang baik. Paparan bahan kimia juga bisa terjad jika Mama menghirup udara yang terkena bahan kimia. Ada baiknya Mama juga memberitahukan kepada orang yang menangani Mama bahwa Mama edang hamil. Faktor-faktor tadi merupakan hal yang umum untuk menjaga kesehatan Mama dan janin.

Baca juga: Mengapa ibu hamil terlihat lebih cantik?

Lalu, perawatan kecantikan seperti apa yang masih dianggap aman? Secara umum, perawatan rambut, make up dan ritual mandi sehari-hari tentu masih diperbolehkan. Pijat juga masih bisa Mama lakukan. Bahkan, pijat juga memiliki manfaat bagi Mama seperti membuat Mama menjadi lebih santai dan melupakan nyeri yang dirasakan saat hamil.

Facial wajah juga masih diperbolehkan. Namun, Mama perlu mengingat bahwa kulit menjadi lebih sensitif saat hamil. Pastikan produk dan perawatan yang Mama lakukan tidak membuat kulit iritasi. Perawatan kuku atau biasa disebut manicure dan pedicure juga masih bisa dilakukan asalkan ruangan memiliki ventilasi yang baik. Pastikan pula alat yang digunakan steril untuk mengurangi risiko terjadinya infeksi.

Baca juga: Tetap cantik saat hamil? Ini caranya

Ternyata, perawatan kecantikan yang aman untuk ibu hamil perlu Mama perhatikan ya. Terpapar bahan kimia terlalu banyak membawa risiko pada tumbuh kembang janin. Pilih tempat dan produk yang aman untuk digunakan. Jangan sampai Mama terpapar langsung denagn bahan kimia yang digunakan.