Riset Terbaru: Tes Darah Dapat Memprediksi Kelahiran Prematur

By Soesanti Harini Hartono, Sabtu, 16 Juni 2018 | 08:15 WIB
Tes darah pada kehamilan memiliki potensi untuk mengurangi korban jiwa dan komplikasi dari 15 juta kelahiran prematur per tahun di seluruh dunia. (Istock)

Nakita.id.- Peneliti Amerika dan Denmark mengatakan mereka telah mengembangkan tes darah murah yang dapat memprediksi dengan akurasi hingga 80%  apakah seorang ibu hamil akan melahirkan prematur (The Daily Sabah, 10/06/2018)

Meski penelitian lebih lanjut diperlukan sebelum tes siap digunakan secara luas, para ahli mengatakan, penelitian ini  memiliki potensi untuk mengurangi korban jiwa dan komplikasi dari 15 juta kelahiran prematur per tahun di seluruh dunia.

BACA JUGA: Seorang Kakek Lakukan Donor Darah Terakhir Setelah Selamatkan 2,4 Juta Bayi dari Tetes Darahnya

"Tes ini juga dapat digunakan untuk memperkirakan tanggal perkiraan lahir yang cukup dapat diandalkan, dan tentunya tidak semahal USG," kata laporan dalam Journal of Science.

Tes ini mengukur aktivitas gen ibu, plasenta dan janin, menilai tingkat RNA bebas sel, yang merupakan molekul pembawa pesan yang membawa instruksi genetik tubuh.

"Kami menemukan bahwa beberapa gen sangat prediktif mengenai perempuan mana yang berisiko melahirkan prematur," kata penulis senior Mads Melbye, profesor tamu di Stanford University dan CEO Statens Serum Institut di Kopenhagen.

BACA JUGA: Wah, Pembuluh Arteri Bisa Bersih dengan Mengonsumsi 4 Makanan Ini

"Saya telah menghabiskan banyak waktu selama bertahun-tahun bekerja untuk memahami kelahiran prematur.