Agar Anak Rajin Menabung dan Mengatur Keuangan, Ini Cara Mengajarinya

By Fadhila Auliya Widiaputri, Sabtu, 30 Juni 2018 | 20:52 WIB
(Parents Magazine)

Nakita.id -  Melatih keterampilan pengelolaan keuangan tak harus menunggu dilakukan saat seseorang beranjak dewasa. 

Sebab sebuah studi dari University of Cambrige mengungkapkan bahwa anak-anak pada umumnya telah mulai membentuk kebiasaan finansial mulai dari usia 7 tahun. 

Dengan begitu, pada usia ini sangat penting bagi mereka untuk mulai diajari pemahaman mengenai pengelolaan keuangan

Sehingga saat dewasa mereka dapat membuat keputusan finansial yang lebih baik.

BACA JUGA: Tampilan Pengasuh Keluarga Ashanty Curi Perhatian Warganet, Ada Apa?

Sejalan dengan hasil studi tersebut, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) kembali memperkenalkan kurikulum “Cha-Ching” untuk membantu menanamkan pengelolaan keuangan pada anak dengan cara yang asik dan menyenangkan.

Dimana dalam kurikulum ini, Prudential menanamkan empat konsep utama dalam pengelolaan uang, yaitu memperoleh (earn), menyimpan (save), membelanjakan (spend), dan menyumbangkan (donate) dalam kegiatan sehari-hari anak.

Agar anak-anak lebih tertarik, Prudential pun mengemas literasi keuangan dengan cerita pengalaman seru enam anak anggota grup band yang mengajarkan mereka konsep keuangan. 

Seperti Pepper yang gila belanja, Zul yang bijaksana, Charity yang senang berbagi, Justin yang selalu memiliki ide, Bobby yang suka menghamburkan uang, dan Prudence yang senang menabung.

"Karakter-karakter ini dibuat berdasarkan riset dan sesuai dengan karakter anak-anak di dunia nyata.

Jadi ketika mereka melihat karakter-karakter ini mereka bisa relate," ujar Nini Sumohandoyo selaku Corporate Communications and Sharia Director Prudential Indonesia saat ditemui dalam 'Workshop Kurikulum Cha-Ching Bersama Sahabat Cha-Ching di Taman Mataram, Sabtu (30/6).

BACA JUGA: Gampang, Ternyata Ini Menu Diet di Balik Tubuh Indah Jessica Iskandar