Kurang Asupan Gizi Seimbang Membuat 1 dari 3 Anak Indonesia Alami Stunting

By Finna Prima Handayani, Sabtu, 28 Juli 2018 | 16:49 WIB
1 dari 3 anak Indonesia alami stunting atau tubuh pendek (iStockphoto)

Nakita.id - Pernahkah mendengar istilah 'stunting'? Jika Moms masih asing mendengarnya, stunting adalah proses gangguan pertumbuhan Si Kecil yang dialami pada 1000 hari pertama mereka.

Sederhananya, stunting adalah kondisi tubuh Si Kecil yang lebih pendek bila dibandingkan dengan anak-anak seusianya, atau tinggi badan Si Kecil kurang dari rata-rata tinggi badan berdasarkan usia mereka.

Kondisi stunting pada anak-anak Indonesia ternyata cukup tinggi, menurut seorang dokter spesialis anak yakni dr. Marissa TS. Pudjiadi, Sp. A, pada tahun 2015 ada 37% anak yang mengalami stunting.

Umumnya Si Kecil yang mengalami stunting karena kekurangan asupan gizi yang kronik, bahkan sejak Si Kecil masih berada di dalam kandungan.

BACA JUGA: Bukan Berenang, Tapi Inilah yang Membuat Tinggi Badan Si Kecil Melesat

"Kalau kita adanya di perkotaan besar, mungkin pengetahuannya sudah sampai ya, jadi mungkin gizinya cukup bagus-bagus. Tapi, kalau kita lihat secara keseluruhan, dari data tahun 2015 itu ada 37%, jadi sekitar 1 dari 3 anak mengalami stunting dan kondisi itu sampai sekarang," jelas Marissa saat ditemui pada acara talkshow 'Perangi Stunting untuk Tumbuh Kembang Anak yang Optimal' di RS Premier Bintaro.

Selain bertubuh pendek, Si Kecil yang mengalami stunting ditandai dengan adanya gangguan kognitif dan kecerdasan, seperti daya tangkap mereka lemah.