Siapa Sangka, Musik Bisa Memengaruhi Manusia Dalam Memilih Menu Makanan yang Akan Dikonsumsi

By Maharani Kusuma Daruwati, Selasa, 31 Juli 2018 | 16:19 WIB
Musik memengaruhi pilihan makanan sehat (iStockphoto)

Nakita.id - Mungkin Moms terbiasa makan sambil mendengarkan musik — entah dari headset atau headphone masing-masing, atau lewat speaker ketika berada di foodcourt mall dan restoran.

Tapi tahu kah jika mendengarkan musik sambil makan bisa membuat suasana tambah santai, tapi tanpa disadari musik juga bisa memengaruhi selera makan.

Apalagi kalau volumenya kencang. Tambah kalaplah porsi makanmu.

BACA JUGA: Jalani 2 Kali Operasi Tumor Otak, Begini Kabar Terbaru Putra Marcella Zalianty

Mengapa begitu? Ya. Pernyataan di atas disimpulkan oleh sekelompok periset dari University of South Florida dalam studi yang dimuat oleh Journal of the Academy of Marketing Science.

Mereka ingin mengetahui apakah volume musik bisa memengaruhi keputusan seseorang untuk memilih makanan.

Peneliti secara sengaja menyetel berbagai genre musik dengan tingkat kebisingan 50-70 desibel (db) di sebuah kafe berlokasi di Stockholm, Swedia, selama dua hari berturut-turut.

Sebagai gambaran, volume suara kisaran 50-70 dB sudah termasuk keras; setara dengan suara percapakan biasa, alat pengering rambut atau penyedot debu, lalu lintas sangat ramai, dan alarm jam.

Mereka kemudian menempelkan tiga macam label (sehat, tidak sehat, dan netral/biasa saja) pada setiap menu yang disajikan.

Setelah dua hari pengamatan, tim periset menemukan bahwa musik dengan genre tenang yang disetel dengan volume kecil berhasil membuat orang-orang memilih makanan yang ada dalam kategori sehat.

BACA JUGA: Kiri Kanan Penuh Selang, Perawat Masuk ke Kamar Shakira Menangis

Untuk lebih memastikan hasil penelitian, mereka kembali melakukan pengamatan yang sama di lokasi berbeda yaitu di swalayan.