Muncul Mata Air Bau Belerang di Gili Meno NTB, Setelah Diguncang Ratusan Gempa

By Kirana Riyantika, Kamis, 16 Agustus 2018 | 15:39 WIB
Muncul mata air baru di Gili Meno (twitter)

Nakita.id - Gempa yang tidak kunjung henti sejak gempa utama atau main shock terjadi pada Minggu (5/8/2018) lalu memicu munculnya fenomena baru.

Sebuah mata air mengandung belerang ditemukan di pantai Gili Meno, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Rabu (15/8/2018).

Fenomena itu terekam dalam sebuah video yang diunggah oleh Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana lewat akun twitternya @Sutopo_PN pada Kamis (16/8/2018).

BACA JUGA: Ada Kabar Pulau Jawa Akan Diguncang Gempa Hebat, Ini Penjelasan BMKG

Dalam video berdurasi kurang dari satu menit itu, terlihat gelombang air yang muncul dari sebuah lubang di dasar pantai.

Mata air yang diperkirakan terjadi akibat gempa itu dijelaskannya merupakan mata air yang terbentuk akibat retakan, sehingga air tanah menyembul ke atas.

"Muncul mata air berbau belerang pascagempa 7 SR di pantai Gili Meno. Ini fenomena alamiah munculnya mata air di pantai, apalagi pascagempa.

Di Pantai Selatan Yogyakarta juga banyak mata air di pantai karena bertemunya muka air tanah dan laut. #lombokbangkit," tulisnya pada Kamis (16/8/2018).